22 paket pelatihan untuk pemuda di antaranya kelas otomotif, bisnis manajemen, fashion, bakery, bangunan, konten kreatif, desain grafis dan Bahasa jepang.
Banda Aceh (ANTARA) - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh melatih 352 peserta untuk menjadi wirausaha muda pada 22 bidang yang dibuka untuk pelatihan kompetensi tahap ketiga tahun 2023.

“Alhamdulillah seluruh peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan kompetensi non boarding tahap III, boarding dan blended tahap pertama ini,” kata Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh Rahmad Faisal di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan pelatihan yang dibuka untuk para pemuda dan pemudi di Provinsi Aceh khususnya 22 paket di antaranya kelas otomotif, bisnis manajemen, fashion, bakery, bangunan, konten kreatif, desain grafis dan Bahasa jepang.

“Saat ini ada dua paket Blanded dan untuk peserta di luar Banda Aceh pesertanya diinapkan di Asrama BPVP Banda Aceh, tempat di mana pelatihan di laksanakan. Peminat pelatihan tidak hanya dari Aceh di luar Aceh ada juga,” katanya.

Ia mengatakan lewat kegiatan tersebut nantinya para peserta dapat terus mengembangkan kreativitas dan ilmu yang didapat selama pelatihan dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan bidang yang diambil.

Menurut dia lewat keahlian yang dimiliki tersebut akan mampu membuka lapangan kerja baru dan mengurangi angka pengangguran menyusul hadirnya wirausaha muda baru yang memiliki kompetensi pada beragam bidang.

“Kami juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat terus meningkatkan kreativitas, belajar bahasa asing dan siap bekerja di luar negeri,” katanya.

Ia menyebutkan pada pelatihan tahap pertama tahun 2023 pihaknya telah melatih 48 orang dan pada tahap kedua 352 orang serta tahap ketiga 352 orang.

Pihaknya menargetkan pada tahun 2023 akan melatih 4.928 orang pemuda dan pemudi di Aceh dengan berbagai bidang keahlian sehingga nantinya akan tumbuh wirausaha muda di seluruh daerah.

Pihaknya juga siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi generasi muda Aceh pada berbagai bidang ekonomi yang akhirnya akan membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca juga: BPVP Banda Aceh siapkan tenaga kesehatan untuk bertugas ke Jepang
Baca juga: DPRA minta perusahaan Aceh prioritaskan pekerja lokal
Baca juga: BPJS-LLDikti Wilayah XIII tingkatkan cakupan perlindungan sosial


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023