Situbondo (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat sebanyak 790 orang calon haji sudah dinyatakan siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah sesuai jadwal pada 19 Juni 2023.

Kasi Haji dan Umroh pada Kementerian Agama Kabupaten Situbondo Adi Ariyanto mengatakan bahwa ratusan calon haji 2023 tersebut sudah menyelesaikan pelunasan biaya haji setelah perpanjangan pelunasan hingga 19 Mei 2023.

"Total jumlah calon haji tahun ini setelah kami memperpanjang tiga kali pelunasan biaya haji yang berakhir 19 Mei 2023 sebanyak 790 jamaah calon haji. 775 jamaah calon haji dan 15 lainnya adalah cadangan," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Adi menjelaskan, semula Situbondo memperoleh kuota haji 710 orang, namun seiring banyaknya calon haji di Jawa Timur menunda atau tidak melunasi biaya haji, sehingga mendapat tambahan 775 orang ditambah cadangan 15 orang.

"Sesuai sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) di Jawa Timur hingga pelunasan biaya haji, banyak calon haji yang tidak melakukan pelunasan biaya haji" katanya.

Baca juga: Khofifah titipkan jamaah lansia Jatim kepada petugas haji
Baca juga: Kemenag: 170 calon haji Kota Madiun siap berangkat tahun 2023


Dengan demikian, kata Adi, sebanyak 775 jamaah calon haji ditambah 15 jamaah calon haji cadangan dibagi menjadi dua jadwal penerbangan atau kloter 73 dan kloter 74.

"Jadi, 790 jamaah calon haji Situbondo ini sudah pasti dan siap diberangkatkan pada 19 Juni mendatang," tuturnya.

Adi menambahkan, sebelum berangkat ratusan jamaah calon haji tersebut sudah dibekali dengan beberapa hal yang akan dilakukan selama di Tanah Suci Mekkah, yakni manasik haji dan persyaratan haji serta hak yang akan didapatkan.

"Sebelumnya hingga sekarang kami rutin menyosialisasikan dan melakukan pembinaan kepada para jamaah calon haji," ujarnya.

Baca juga: Kemenag alihkan 24 ribu kuota jamaah haji yang belum bayar BIPIH
Baca juga: Sebanyak 768 mukimin dilibatkan dalam pelayanan jamaah haji 2023
Baca juga: Wakil Ketua MPR ingatkan jamaah haji jaga hati hingga nama baik bangsa

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023