Beijing (ANTARA) - Para pejabat senior China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan menggelar pertemuan konsultatif ke-29 di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China pada 24-26 Mei 2023.

Asisten Menteri Luar Negeri China Nong Rong akan memimpin delegasi China dalam pertemuan tersebut, demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China (MFA) di Beijing, Senin (22/5).

Pertemuan para pejabat senior (SOM) atau setingkat direktur jenderal tersebut untuk mempersiapkan Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri China-ASEAN dan Pertemuan Tingkat Tinggi China-ASEAN.

SOM tersebut merupakan mekanisme konsultasi penting setiap tahun antar-Kemlu China-ASEAN yang telah disepakati kedua belah pihak.

"Tahun ini menandai ulang tahun kesepuluh proposisi Presiden Xi Jinping dalam membina komunitas yang lebih erat China-ASEAN sekaligus peringatan 20 tahun China bergabung dengan Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia/TAC)," kata juru bicara MFA Mao Ning.

Menurut dia, pertemuan di Shenzhen tersebut bakal membuka peluang baru dalam kerja sama China-ASEAN.

Dalam pertemuan nanti, kedua belah pihak akan menata kemitraan strategis komprehensif China-ASEAN untuk masa-masa mendatang, khususnya terkait pemahaman bersama antara para pemimpin kedua belah pihak dan memperdalam kerja sama praktis di bidang keamanan, politik, perdagangan dan ekonomi, sosial, budaya, pertukaran antar-masyarakat, pertanian, dan ketahanan pangan.

"Kedua belah pihak bersama-sama membangun energi yang lebih positif lagi bagi stabilitas dan pembangunan di kawasan," kata Mao berharap.

Baca juga: Konferensi Pemengaruh Daring ASEAN-China digelar di Fuzhou
Baca juga: Pakar: ASEAN perlu tentukan strategi untuk hadapi rivalitas China-AS
Baca juga: China dinilai berikan peluang substansial bagi negara-negara ASEAN

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023