Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyambut baik usulan kerja sama dari Universitas Negeri Malang (UNM) terkait dengan pembinaan dan pembekalan bagi mahasiswa yang akan mengabdi ke desa.

"Saya menyambut baik apa yang disampaikan teman-teman Dosen UNM untuk sama-sama kita bekerja sama dalam rangka pembelajaran bagi mahasiswa yang akan turun ke desa pada September nanti," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut dia sampaikan dalam pertemuan dengan dosen UNM Lusiana di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ditjen Bina Pemdes dukung kerja sama pembangunan desa dengan Kemendes

Baca juga: Ditjen Bina Pemdes susun modul tematik bagi aparatur desa


Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Lusiana menyampaikan pada bulan September 2023, mahasiswa UNM akan melakukan pengabdian di desa-desa. Ia berharap para mahasiswa menjadi pendamping dan dapat membantu pemerintah desa.

Terkait dengan usulan kerja sama itu, Lusiana menyampaikan pihaknya berharap Ditjen Bina Pemdes dapat memberikan pembekalan dan pembelajaran kepada mahasiswa UNM sebelum mereka turun ke lapangan untuk mengabdi dan membantu para perangkat desa dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa.

"Kami berharap di pertemuan lanjutan kita bisa sampai pada pembuat perjanjian kerja sama," kata dia.

Menanggapi harapan itu, Eko mengatakan pada dasarnya Ditjen Bina Pemdes membuka seluas-luasnya peluang untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun desa, terutama dengan melibatkan para mahasiswa.

Menurut dia, dengan banyaknya desa di Indonesia, diperlukan dukungan dan sinergitas antara berbagai pihak untuk membangun desa secara optimal.

Ke depannya, Eko berharap generasi muda di Tanah Air akan semakin banyak yang tertarik untuk menjadi kepala desa atau perangkat desa. Dengan demikian, mereka dapat mengawal pemerintahan desa menjadi lebih baik.

"Semangat para pemuda yang akan mengawal pemerintahan desa akan menjadi modal besar bagi bangsa," ujar dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023