Santiago (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez mulai pulih dari operasi kanker dan infeksi paru-paru, serta keluar dari tahap rumit pasca-operasi di Havana, Kuba, dan kini berada pada tahap baru perawatan, kata Menteri Penerangan Ernesto Villegas.

"Infeksi pernafasan, yang telah menjadi komplikasi, telah diatasi," kata Villegas di sela pertemuan tingkat tinggi Ameria Latin selama dua hari yang berakhir pada Minggu di Santiago, Chile.

Villegas mengtatakan Chavez telah memulai pengobatan menyeluruh dari penyakit yang membuat dia dioperasi pada 11 Desember.

"Chavez akan menjalani pengobatan tahap berikutnya dengan kekuatan semangat, fisik serta ketabahan," kata Villegas sebagaimana dikutip Xinhua.

"Ia sepenuhnya mengikuti ketentuan pengobatannya," katanya menambahkan.

Ketidakhadiran Chavez dalam waktu lama telah membuat kelompok oposisi politik di negerinya bergerak, dan menyatakan negara Amerika Latin tersebut tak memiliki kepala negara serta pemimpin sementara perlu diangkat.

Rabu lalu (23/1), lebih dari 20.000 simpatisan Chavez turun ke jalan di Ibu Kota Venezuela, Karakas, untuk merayakan Hari Demokrasi dan memperlihatkan dukungan mereka bagi Chavez, kata Villegas.

(C003) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013