New York (ANTARA) - Amerika Serikat kemungkinan besar akan memiliki perpanjangan jangka pendek dari batas utang karena tidak ada dasar untuk kesepakatan bipartisan, kata seorang pakar dari Universitas Georgetown.

Mungkin akan ada kesepakatan untuk memperpanjang batas utang AS dalam waktu sekitar dua bulan dan negosiasi batas utang akan berlanjut hampir sepanjang musim panas, kata David A. Super, seorang profesor hukum dan ekonomi di Georgetown University Law Center.

Perpanjangan batas utang jangka pendek sangat mungkin terjadi dan akan segera terwujud, kata Super dalam wawancara dengan Xinhua pekan lalu.

"Kesepakatan itu mungkin, tapi saya pikir ada peluang bagus kita tidak akan mendapatkan kesepakatan dan ada juga peluang bagus bahwa Ketua DPR dari Partai Republik (Kevin) McCarthy menyetujui kesepakatan dan kemudian anggotanya menolaknya," kata Super.

Karena Demokrat tidak akan mendukung pengurangan defisit untuk membayar pemotongan pajak yang mendorong kembali defisit dan Partai Republik tidak akan menyetujui apa pun yang membatasi pemotongan pajak, jadi sebenarnya tidak ada dasar untuk kesepakatan, menurut Super.

Super menambahkan bahwa fundamental tidak mendukung kesepakatan karena McCarthy tidak mendapat dukungan dari anggotanya untuk membuat konsesi yang signifikan.

Pembicaraan pagu utang saat ini mengikuti pola yang sangat akrab di awal dengan kedua belah pihak mengeluh tentang posisi negosiasi pihak lain, diikuti dengan pertemuan konstruktif dan mengeluh lagi tentang tuntutan pihak lain yang tidak masuk akal, menurut Super.

"Kemudian kami akan memiliki perpanjangan jangka pendek, dan kami akan mengulangi siklus ini. Saya rasa kami tidak banyak belajar dari ini," kata Super.

Sangat diharapkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan meminta Amandemen ke-14 Konstitusi AS dan menyatakan batas utang tidak konstitusional setelah kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan.

Batas waktu dalam pembicaraan plafon utang pasti dapat mengganggu ketenangan pasar keuangan dalam jangka pendek dan itu menempatkan pekerjaan dalam risiko, Super memperingatkan.

Jika Amerika Serikat mengalami resesi, karena kesalahan penanganan plafon utang atau karena alasan lain, hal itu tentu akan berdampak besar pada negara-negara berkembang di seluruh dunia, kata Super.

"Banyak dari mereka sudah berada di bawah tekanan besar karena perang antara Rusia dan Ukraina. Dan ini pasti akan memperburuk keadaan mereka," katanya.

Meski memang ada kebutuhan untuk membatasi pengeluaran defisit, plafon utang bukanlah cara untuk melakukannya, kata Super.

Cara untuk mengendalikan pengeluaran defisit adalah dengan membatasi pengeluaran dan pemotongan pajak yang berlaku terus-menerus dan mencegah Amerika Serikat mengambil kewajiban ini sejak awal, menurut Super.

"Begitu kita mengambilnya, kita harus membayar tagihan. Seharusnya tidak ada pilihan tentang itu," kata Super.

Sekarang, dengan pihak-pihak yang sangat terpolarisasi, mereka bekerja sama dalam hal-hal yang semakin sedikit daripada sebelumnya, kata Super.

Situasi hanya akan berubah jika satu pihak mendapatkan kendali dan dominasi yang cukup dan pihak lain merasa harus memoderasi pendekatannya, kata Super.

Dia menambahkan bahwa dengan negara yang hampir terbelah rata, "Saya tidak yakin itu akan terjadi dalam waktu dekat."

Amerika Serikat "sangat mungkin" gagal membayar kewajiban pemerintah pada awal Juni dan berpotensi paling cepat 1 Juni jika Kongres gagal menaikkan atau menangguhkan batas utang, menurut Menteri Keuangan Janet Yellen.

Gedung Putih dan Partai Republik sedang dalam proses negosiasi tentang plafon utang dan pengeluaran anggaran.

Amerika Serikat mencapai batas utang 31,4 triliun dolar AS pada Januari dan Departemen Keuangan AS telah menerapkan manuver akuntansi, yang dikenal sebagai "tindakan luar biasa", untuk menjaga agar pemerintah tetap membayar tagihannya sejauh ini.

Baca juga: Menkeu AS: AS kemungkinan besar akan gagal bayar utang pada awal Juni
Baca juga: Pertemuan Biden-McCarthy berakhir tanpa kesepakatan tentang pagu utang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023