Beirut (ANTARA News) - Delegasi Liga Arab di bawah wakil khusus Faiq Saleh, Minggu, mengatakan kondisi pengungsi Suriah di Lebanon "sangat merosot dan menyedihkan".

Faiqa Saleh, Ahad, mengunjungi kamp pengungsi Suriah di Lebanon utara dan timur, sebelum menyerahkan laporan mengenai status pengungsi Suriah di Lebanon kepada Dewan Menteri Liga Arab dan kepada konferensi Kuwait, yang akan diselenggarakan pekan depan.

Pada tahap terakhir lawatan regionalnya ke kamp pengungsi Suriah, Faiga Saleh menyampaikan kesulitan dalam penanganan masalah pengungsi Suriah secara layak, seperti kurangnya imunisasi dan penyuntikan anak-anak serta tak-adanya pendidikan sebagai .

Utusan Liga Arab tersebut kembali mengatakan bantuan lebih lanjut akan diberikan dari negara donor utama Arab dan internasional, dan mengatakan, "Masih banyak yang perlu dilakukan di lapangan."

Pertemuan khusus, yang akan diselenggarakan di Kuwait bagi negara donor, "akan mensahkan rencana keuangan khusus guna membantu meringankan kondisi hidup pengungsi Suriah di negara tetapi", demikian laporan Xinhua. . "Tapi kami akan meminta dana tambahan buat Lebanon," kata Faiga Saleh.

Delegasi Liga Arab itu tiba di Lebanon pada Sabtu (26/1) dalam lawatan regional, yang juga meliputi Jordania dan Irak.

Para menteri luar negeri Arab menyelenggarakan pertemuan luar biasa di Kairo, Mesir, pada 13 Januari, atas permintaan Lebanon guna membahas seluruh situasi pengungsi Suriah dan memutuskan untuk mengirim delegasi khusus ke negara tetangga.

(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013