Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan bersama Bank DKI menawarkan program rumah bersubsidi dengan uang muka (down payment/DP) nol persen bagi Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP).

"Kami memberikan kesempatan bagi PJLP Suku Dinas SDA Jakarta Selatan untuk memiliki rumah layak huni dan terjangkau," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Santo saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Santo menerangkan, program ini merupakan salah satu terobosan sebagai bentuk apresiasi kepada para PJLP yang sudah banyak membantu.

Adapun syarat untuk bisa mengikuti program rumah DP nol ini, yakni PJLP yang minimal sudah bekerja dua tahun di Suku Dinas SDA Jakarta Selatan (Jaksel) sehingga bisa mendapatkan luas tanah 66 meter persegi (M2).

Awalnya para pendaftar akan melakukan pemesanan (booking) rumah yang diinginkan dengan harga Rp500 ribu dengan mencicil sekitar Rp500 ribu pula per bulannya.

"Sebelumnya ada di Tenjo, Bogor, yang bekerjasama dengan Bank DKI KCP Dewi Sartika lalu sekarang rumah DP nol persen di Cikarang," katanya.

Baca juga: 69 PPSU dan PJLP Pela Mampang dapat pemeriksaan kesehatan pasca banjir

Baca juga: PJLP dan ASN Kota Jakarta Selatan jalani tes cepat


Dana dalam program DP nol persen ini dibantu oleh Bank DKI dan PB Properti. Terhitung hingga kini tercatat sudah 40 PJLP yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

"Tempatnya terbilang strategis lantaran dekat dengan akses kereta rel listrik (KRL) sehingga mobilitas tidak menjadi kendala," katanya.

Santo telah melakukan sosialisasi mengenai program perumahan DP nol persen untuk seluruh PJLP yang bekerja di lingkungan Sudin Sumber Daya Air Kota Jakarta Selatan.

Sosialisasi bersama Bank DKI dan PB Properti ini berupaya untuk memberi kesempatan bagi PJLP untuk memperoleh tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023