Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto mengapresiasi dan mengucapkan syukur atas pelayanan jamaah haji tahun 2023 yang dinilai sudah meningkat bila dibandingkan tahun lalu.

“Petugasnya lebih banyak. Intinya kita bersyukur, kloter I bisa berjalan dengan lancar. Kita harap kloter berikutnya juga demikian, termasuk saat kepulangan," kata Yandri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan saat meninjau persiapan sekaligus melepas Kelompok Terbang (kloter) I Jamaah Haji Indonesia menuju Makkah, Arab Saudi, di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Seoekarno – Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Rabu.

Yandri berharap jamaah haji asal Indonesia yang berangkat untuk menjaga nama baik Indonesia kompak, tetap sehat, dan paling penting adalah menjaga hati supaya tidak tergelincir niatnya, “lillahi ta’ala,” ujarnya.

Baca juga: Waka MPR minta jemaah calon haji Kota Serang jaga nama baik bangsa
Baca juga: Wakil Ketua MPR puji prestasi Menag dalam penyelenggaraan ibadah haji


Di samping itu, dia mengingatkan perlunya penanganan khusus bagi jamaah haji lanjut usia (lansia), mengingat sepertiga dari jamaah haji tahun ini merupakan kelompok lansia.

"Ada 60.000 lansia,” kata anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Kementerian Agama (Kemenag RI), kata dia, sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menurunkan lebih dari 4.000 petugas untuk melayani jamaah haji lansia.

Dari tambahan kuota haji yang diberikan Arab Saudi, dia meminta agar pihak mahram atau keluarga ikut diberangkatkan untuk menjaga dan mendampingi lansia yang memerlukan pendampingan selama 24 jam.

“Lansia tidak mandiri, perlu pendampingan dari pihak keluarga. Dari sinilah tema haji tahun ini, yakni 'Haji Ramah Lansia' menjadi terwujud," ujarnya.

Saat pemeriksaan dan pelepasan Kloter I Jamaah Haji Indonesia itu, turut hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Arab Saudi Faisal Abdullah Al Amudi, dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023