Ternate (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Yonarhanud 3/Yby menerima 89 senjata api (senpi) dari warga, setelah mengadakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan memberikan pemahaman ke masyarakat di Maluku Utara terkait larangan menyimpan senjata api (senpi), amunisi dan bahan peledak.

Komandan Satgas Yonarhanud 3/YBY, Letkol Arh Achmad Yani dihubungi, Kamis, menyatakan, senpi, amunisi dan bahan peledak yang sudah diserahkan kepada Satgas murni sukarela dari warga karena sadar bahwa menyimpan merupakan pelanggaran hukum.

Dia menyebut, dengan banyaknya warga yang menyerahkan kepada Satgas Yonarhanud 3/Yby membuktikan kalau masyarakat di Malut telah sadar dan secara suka rela menyerahkan senjata organiknya ke petugas.

Sebelum 89 senpi yang diterimanya pada 24 Mei 2023, pihaknya menerima pucuk senjata Rakitan laras panjang oleh berni isialTA warga Desa Bere-Bere Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Kepulauan Morotai kepada Letda Ckm dr. Emanuel Pratita Kharisma Sakta di Pos Kotis Satgas Pam Rahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/YBY.

"Dimana Jumat (19/5/2023), dokter kami yang bertugas juga menerima 2 pucuk senjata rakitan laras panjang dan 1 pucuk senjata rakitan laras pendek dari “LK” warga Desa Gorua," kata Dansatgas Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han.

Masih di Pos Kotis pada Kamis (18/5/2023) telah diserahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang, 23 butir amunisi kal. 7,62 mm, 1 butir amunisi kal.5,56 mm dan 1 butir amunisi kal. 12,7 mm dari “WAL” warga Desa Wosia, Kecamatan Tobelo Tengah kepada Serma Riyanto dan Prada Supriyanto. Tegas Dansatgas.

Sementara Pasi Intel Satgas Yonarhanud 3/Yby Lettu Arh Dwi Iswantoro menambahkan di pos jajaran SSK IV Pada hari Senin (15/5/2023) telah menerima 1 pucuk senjata laras pendek, 5 butir amunisi kaliber 9 mm dan 1 butir amunisi kaliber 5,56 mm dari “FA” warga Desa Akesatu kecamatan kao teluk diterima oleh Serda Gesta Yudha dan Prada Niko Saputra.

Kemudian, pada hari Selasa (16/5/2023), pos Tosoa menerima 3 pucuk senjata rakitan laras panjang dari “ROB” warga Desa Gamsida Kecamatan Ibu selatan diterima Letda Agus M. dan Prada Armyantoni.

Ditempat terpisah, tepatnya di Pos Darume pada hari Rabu tanggal (17/5/2023), telah diterima penyerahan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dari “WL” warga Desa Darume, Kecamatan Loloda Utara yang diterima oleh Kopda Sumardi dan Pratu Ryan Hanafi. Tandas Pasi Intel.

Hingga Kamis (25/5/2023), senjata yang diserahkan warga kepada satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/Yby sebanyak 89 pucuk dengan rincian senjata rakitan 84 pucuk, senjata organik 5 pucuk, amunisi campuran 298 butir serta bahan peledak 14 buah yang terdiri dari granat 10 buah dan ranjau 4 buah.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023