Port Elizabeth, Afrika Selatan (ANTARA News) - Ghana mengalahkan Niger 3-0 dan maju ke perempat final Piala Bangsa Afrika setelah memuncaki kompetisi Grup B, Senin, dan pada putaran delapan besar akan bertemu dengan Cape Verde Islands.

Ghana yang juga empat kali, dan tidak menang sejak 1982, memimpin pertandingan lewat Asamoah Gyan setelah permainan berlangsung enam menit dan kendati gol Niger dianulir empat menit kemudian, mereka tetap melakukan ancaman keras terhadap lawan mereka.

Tim Bintang Hitam itu menggandakan gol mereka melalui Christian Atsu pada menit ke-23 Niger semakin terhenyak ketika lawan mereka meraih gol ketiga ketika John Boye memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Kassaly Daouda, sehingga angka menjadi 3-0, empat menit memasuki babak kedua.

Beberapa peluang Ghana tidak berhasil diselesaikan dengan baik sehingga tidak menambah angka kemenangan Ghana, tapi itu sudah cukup bagi mereka untuk memimpin grup dengan tujuh poin, sedangkan Mali di urutan kedua dengan empat poin setelah main imbang 1-1 lawan Republik Demokratik Kongo.
(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013