Kami mengimbau para peserta UM-PTKIN datang tepat waktu, sesuai jadwal yang tertera pada kartu ujian dan membaca tata tertib dengan cermat, dan membawa dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan
Jakarta (ANTARA) - Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Imam Taufiq mengatakan Ujian Masuk PTKIN 2023 akan digelar di 59 titik lokasi yang berlangsung mulai 29 Mei hingga 8 Juni 2023.

"Kami mengimbau para peserta UM-PTKIN datang tepat waktu, sesuai jadwal yang tertera pada kartu ujian dan membaca tata tertib dengan cermat, dan membawa dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan," ujar Imam Taufiq saat dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis.

Imam mengatakan UM-PTKIN 2023 digelar secara online-onsite. Para peserta akan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang telah disediakan panitia di ruang-ruang lokasi ujian.

Menurutnya, panitia nasional dan lokal telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut para peserta. Panitia juga telah melakukan uji coba perangkat teknologi informasi yang akan digunakan selama ujian berlangsung.

Baca juga: Kemenag tekankan UM PTKIN harus hasilkan calon mahasiswa berkualitas

"Persiapan telah dilakukan dengan matang, semua perangkat ujian telah kami lakukan uji coba pada 23 hingga 24 Mei kemarin," ujar Imam.

Panitia, kata Imam, juga telah menyiapkan fasilitas ujian untuk para peserta difabel, salah satunya menempatkan petugas khusus di masing-masing lokasi ujian yang disiapkan panitia lokal.

"PTKIN harus menjadi tempat yang ramah kepada mereka yang berkebutuhan khusus," kata dia.

Adapun ke-59 tempat yang akan menjadi titik lokasi ujian melingkupi sejumlah Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kemenag minta PTKIN pastikan proses pendaftaran SPAN-UM mudah diakses
Baca juga: Perguruan Tinggi Islam Negeri adakan pertemuan jaring mahasiswa baru


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023