Jakarta (ANTARA) - Jasa publisher diperlukan bagi penulis untuk menerbitkannya. Pada umumnya, publisher mempunyai tim di mana diantaranya berupa editor, reviewer, dan juga content creator.

"Tim tersebut bertugas untuk melakukan penyuntingan setiap naskah dengan memperhatikan kualitas. Mereka akan secara hati-hati akan melakukan proses checking dengan cepat," kata Royyan Hafizi selaku General Manager Al-Makki Publisher dalam siaran pers pada Jumat.

Adapun tujuannya untuk memperoleh Letter of Acceptance (LoA) berdasarkan pada tujuan penulisan. Proses ini juga disebut sebagai tahap awal untuk setiap naskah yang datang.

Jika naskah maupun artikel masih kurang memuaskan, maka publisher dapat melakukan pendampingan untuk memperbaiki kualitas naskah, Baik dari pemilihan tema dan judul, memeriksa plagiasi, penambahan referensi, proses Mendeley sampai layouting jurnal.

Baca juga: Asosiasi media ASEAN perlu perkuat jaringan untuk "Publisher Right"

Al-Makki Publisher telah mengantongi akreditasi Sinta untuk publikasi jurnal internasional menawarkan layanan publikasi jurnal berkualitas bagi kepentingan dosen maupun mahasiswa. Penerbit berkomitmen memberikan layanan publikasi tercepat dan terbaik demi kepuasan pelanggan.

Tiap bulannya, lembaga publikasi ini mengelola lebih dari 50 jurnal sampai terbit. Adapun jasa asistensi publikasi yang diberikan untuk jurnal dari seluruh rumpun ilmu. Baik itu ilmu pendidikan, ilmu hukum, ilmu sosial, ilmu kesehatan, dan lain-lain.

"Al-Makki menyediakan garansi terbit yaitu jaminan uang kembali 100 persen apabila naskah tidak terbit. Untuk waktu dari saat artikel masuk sampai konfirmasi diterima oleh editor cuma memakan waktu sekitar tiga sampai enam bulan," ujar Royyan.

Selain itu, Al-Makki juga berperan dalam mendampingi serta mengelola 27 jurnal nasional, 23 jurnal internasional. Kemudian 22 Afiliasi nasional terakreditasi serta 16 Afiliasi internasional bereputasi menggunakan publisher nasional maupun internasional.

Klien juga mendapatkan layanan indexing yang berkualitas. Adapun Jurnal yang dikelola akan memperoleh indeksasi berkualitas pada tingkat nasional dan internasional.

Baik dari Google Scholar, DOAJ, Garuda, Dimension, Copernicus, Scilit, Worldcat, SINTA dan Harvard University. Hal ini tentunya menjadi keuntungan lainnya yang bisa diterima oleh pengguna jasa publisher ini.

Asistensi pendampingan yang dilakukan tim publisher ini akan memastikan naskah terbaik klien bisa terbit di jurnal Scopus dan juga jurnal Sinta. Publisher juga memberikan layanan perbaikan terhadap kualitas tulisan dan proofread.

Begitu juga dengan pemilihan target publikasi yang berdasarkan pada scope. Al-Makki menyediakan layanan pendampingan dan keuntungan untuk penerjemahan gratis, free-submission peer review hingga pemenuhan gaya selingkungan.

Publisher yang sudah ada dari tahun 2022 ini sudah menerbitkan lebih dari 1.253 naskah yang bersumber dari 1057 author. Al-Makki Publisher merupakan bagian dari kampus Politeknik Siber Cerdika Internasional.

Baca juga: Topik kelembagaan tengah dibahas untuk aturan Hak Penerbit

Baca juga: ISD Council dorong sektor jasa bahas draf kerja sama platform digital

Baca juga: "Publisher Rights" medium penyeimbang media dan platform digital

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023