Los Angeles (ANTARA) - Forum Bisnis China-California 2023 digelar di pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat (AS), pada Senin (22/5), mengumpulkan lebih dari 400 pemilik bisnis, pengusaha, serta pejabat dari China dan Negara Bagian California.

Forum Bisnis China-California kali ini menjadi yang pertama setelah acara tersebut terjeda selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19. Forum ini telah diselenggarakan empat kali sejak 2016.

Forum ini merupakan acara khusus yang mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi antara California dengan provinsi-provinsi di China serta berfokus pada berbagai topik, termasuk teknologi bersih, e-commerce, pertanian, infrastruktur, dan kerja sama inovasi.

Acara tahun ini diselenggarakan bersama oleh Konsulat Jenderal China di Los Angeles, Bay Area Council, dan Kamar Dagang China untuk Impor dan Ekspor Produk Mesin dan Elektronik.

"Forum ini dirancang sebagai platform utama untuk meningkatkan komunikasi, meningkatkan rasa saling percaya, dan memanfaatkan lebih banyak potensi peluang bisnis," kata Konsul Jenderal China di Los Angeles Guo Shaochun dalam pidatonya.

Dia menambahkan bahwa ada prospek luas untuk kerja sama antara China dan California dalam perdagangan pertanian, industri budaya dan hiburan, logistik dan transportasi, energi bersih, dan lainnya.

Provinsi Jiangsu menjadi tamu kehormatan forum tersebut tahun ini. Provinsi yang terletak di Delta Sungai Yangtze di China bagian timur itu merupakan salah satu pusat ekonomi di Negeri Panda.

Fang Wei, wakil gubernur Provinsi Jiangsu, mengatakan di dalam pidatonya bahwa Jiangsu menyambut baik perusahaan-perusahaan AS untuk meningkatkan investasi di provinsi tersebut, yang berpenduduk lebih dari 85 juta jiwa.

Mencatat bahwa persahabatan antara kedua belah pihak telah membuahkan hasil bermanfaat, Fang Wei berharap dapat menggunakan forum tersebut untuk memperdalam pertukaran dan kerja sama serta mengupayakan penciptaan lebih banyak proyek acuan dengan California.
 
   Jim Wunderman, presiden sekaligus CEO Bay Area Council, mengatakan bahwa forum tersebut telah menjadi "platform penting bagi para pemimpin bisnis untuk menjalin kemitraan baru di seluruh Pasifik dan berfungsi sebagai jalur bagi pemimpin negara bagian maupun provinsi untuk bekerja sama dalam perdagangan, perubahan iklim, imigrasi, dan banyak tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi."


"Membangun kepercayaan dalam hubungan bisnis sangatlah penting, terutama ketika lautan luas membentang di antara kita, dan kepercayaan paling baik dicapai melalui koneksi pribadi," tuturnya.

Asosiasi bisnis yang didirikan pada 1945 tersebut merupakan organisasi kebijakan publik dan advokasi yang anggotanya mencakup lebih dari 330 pengusaha terbesar di Wilayah Teluk San Francisco.

Brian Peck, ketua organisasi Los Angeles Regional Export Council, mengatakan bahwa forum bisnis tersebut telah menyediakan platform penting untuk memperluas perdagangan dan investasi antara California dan China di masa lalu serta akan melanjutkan peran itu dan juga berfungsi sebagai jembatan penting untuk membangun kembali dialog dan membantu menciptakan peluang baru di California maupun provinsi-provinsi di China untuk memperluas perdagangan dan investasi.

Banyak peserta forum menyambut baik hubungan perdagangan yang kuat itu, mencatat bahwa forum tersebut menguntungkan kedua belah pihak dengan merangsang aktivitas ekonomi, mendorong diversifikasi pasar, menciptakan lapangan kerja, dan memungkinkan transfer pengetahuan.

"Saya melakukan beberapa kontak yang bagus di forum 2019 lalu dan berharap dapat melakukan hal yang sama tahun ini," kata Michael Landry, seorang pemilik usaha kecil yang bergerak di sektor konsultasi pengurangan karbon.

"Kami sangat senang melihat dimulainya kembali kunjungan delegasi dari China ke California," kata Emily Desai, wakil direktur Urusan Internasional dan Perdagangan untuk Kantor Pengembangan Bisnis dan Ekonomi Gubernur California.

"Kami berharap dapat menjadi kekuatan positif selamanya, serta percaya bahwa orang-orang kami dan hubungan komersial yang kuat dapat berfungsi sebagai pengingat dari semua yang harus kami peroleh dengan bekerja sama menuju perdamaian dan kemakmuran bersama," katanya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023