Taipei (ANTARA/PRNewswire)- Appier (TSE: 4180), perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan software-as-a-service (SaaS) dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), hari ini mengumumkan sejumlah perkembangan tentang kemitraannya dengan perusahaan ritel dan ecommerce di Asia Tenggara. Appier berkolaborasi dengan berbagai perusahaan terkemuka di wilayah ini untuk mentransformasi strategi pemasaran agar perusahaan ini mampu menawarkan pengalaman berbelanja yang dirancang khusus pada platform digital.

Kemunculan generative AI menghadirkan terobosan di industri ritel. Lebih lagi, generative AI mendorong perusahaan dan peritel terkemuka agar bergerak cepat dan menangkap peluang baru ini. Peritel juga dapat menghemat waktu dan biaya dalam berbagai aspek operasional, termasuk pemasaran yang biasanya menghabiskan sekitar 14% dari anggaran perusahaan[1]. Di sisi lain, generative AI dapat mengotomatisasikan pekerjaan dan mengembangkan skala pekerjaan penting di sejumlah bidang, termasuk personalized marketing, layanan pelanggan dengan chatbot, serta menghasilkan analisis yang mudah ditindaklanjuti. Studi kasus penggunaan generative AI yang baru ini berpotensi menghadirkan terobosan dalam dunia ritel, serta memberikan manfaat besar bagi perusahaan dan peritel.

Tahun 2023 merupakan momen penting bagi industri ritel, sebab sektor ini menjalani transisi yang transformatif. Berbagai perusahaan dan peritel kini tengah merumuskan kembali dunia ritel demi memenuhi kebutuhan pembelanja pada pascapandemi yang semakin menuntut pengalaman belanja daring. Hal ini termasuk rekomendasi personal dan layanan pelanggan seketika (real-time). Ketika peritel, baik peritel daring dan luring, menuju babak baru dalam transformasi bisnis, mereka mengandalkan beragam teknologi yang mewujudkan pengalaman menarik, mempermudah proses berbelanja, serta mengatasi kesenjangan antara layanan fisik dan digital.

Maka, AI semakin berperan di industri ritel berkat potensinya dalam meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pengalaman pelanggan, serta menghasilkan analisis bermanfaat dari data. Pelaku usaha pun beralih ke Appier dengan mengandalkan teknologi AI yang mutakhir, serta dirancang khusus untuk industri ritel. Dengan demikian, pelaku usaha dapat memanfaatkan algoritma dan machine learning canggih yang mengoptimalkan kegiatan operasional, meningkatkan strategi pemasaran, serta menghadirkan pengalaman personal bagi pelanggan. Appier juga memiliki rekam jejak kesuksesan yang teruji di seluruh dunia. Lebih lagi, Appier memiliki portofolio klien dengan tingkat kepuasan yang baik, serta berhasil meraih kinerja positif lewat solusi AI.

Di Asia Tenggara, beberapa perusahaan ritel yang telah bermitra dengan Appier termasuk:

Spritzer, Malaysia

Spritzer menerapkan platform omnichannel conversational marketing yang didukung AI. Lewat platform ini, Spritzer membantu pelanggan menavigasi kanal obrolan pada web dan media sosial secara cermat. Platform ini mampu mengenali beragam skenario pemasaran sehingga Spritzer memperoleh fleksibilitas yang lebih baik ketika menjangkau pelanggan lewat pesan pemasaran yang dirancang khusus dan bersifat seketika, seperti survei dan undian berhadiah. Maka, Spritzer mudah meringkas program pemasaran pada satu platform untuk berbagai saluran pengiriman pesan.

K&K Fashion, Vietnam

Sebagai salah satu destinasi fesyen ecommerce terkemuka bagi perempuan, K&K Fashion ingin mentransformasi pengalaman pelanggan dengan menyediakan rekomendasi yang lebih cerdas, serta mempermudah program pemasaran. Lewat kolaborasi dengan Appier, K&K Fashion dapat mengelola seluruh kanal dan program pemasaran—web, eDM, SMS, dan aplikasi—pada satu platform. Dengan demikian, K&K Fashion memperoleh analisis menyeluruh atas pelanggannya pada setiap kanal, serta mengelola program pemasaran dan pesannya pada seluruh siklus interaksi pelanggan. K&K Fashion juga memperoleh analisis pelanggan yang lebih utuh, serta menyajikan rekomendasi produk yang lebih pintar pada situs dan aplikasi.

Rev Edition, Thailand

Sebagai pengimpor, distributor, dan pengelola gerai ritel terkemuka yang menjual berbagai merek dan produk olahraga, Rev Edition harus mewujudkan pengalaman berbelanja yang sangat personal bagi pelanggan. Dengan personalization cloud Appier yang didukung AI, Rev Edition menawarkan rekomendasi produk yang lebih cermat dan dirancang khusus menurut kebutuhan dan pola belanja pelanggan. Rev Edition pun memperoleh analisis yang lebih cermat atas pelanggannya, serta meningkatkan kinerja penjualan secara signifikan berkat interaksi pelanggan yang lebih baik pada platform daring.

Selain sejumlah merek ini di Asia Tenggara, Appier juga bermitra dengan perusahaan-perusahaan lain di Asia Pasifik, termasuk Caring Pharmacy, BusOnlineTicket, Galle Watch, PX Mart, Senheng, Tiger Beer, Delonghi, Audi, Brand's, dan Heineken. Appier turut membantu merek-merek ini menghadirkan pengalaman yang sangat personal bagi pelanggan. Studi kasus yang lebih detail tersedia di tautan ini.

Tentang Appier

Appier (TSE: 4180) adalah perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) guna mendukung pengambilan keputusan bisnis. Didirikan pada tahun 2012 dengan visi demokratisasi AI, Appier kini memiliki 17 kantor di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat, serta tercatat di Bursa Efek Tokyo. Informasi lebih lanjut tentang Appier tersedia di www.appier.com, dan informasi tentang hubungan investor tersedia di ir.appier.com/en/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023