Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono terkejut dan sedih usai menerima kabar meninggalnya Sarwono Kusumaatmadja di tengah kunjungan kerjanya di Fuzhou China.

“Beliau terkejut dan sedih mendengar kabar duka ini," kata Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto yang tengah mendampingi Menteri Trenggono kepada Antara, Jumat.

Trenggono melalui Asisten Khusus menyampaikan kabar ini turut menjadi duka keluarga besar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menurutnya sosok yang menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan periode 1999-2001 merupakan sosok panutan dan sangat berjasa.

“Bagi Bapak Menteri Trenggono, almarhum merupakan sosok panutan dan berjasa bagi sektor kelautan dan perikanan Indonesia," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia, pada Jumat, pukul 17.15 waktu setempat.

Konsul Jenderal Republik Indonesia Penang Bambang Suharto di Penang mengatakan mantan Menteri Lingkungan Hidup yang masih aktif menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim itu tutup usia di Adventist Hospital, Penang, setelah mulai dirawat di sana sejak 11 Mei lalu karena menderita kanker paru.

Menurut Bambang, rencananya jenazah almarhum akan diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (27/5) siang, dan akan disemayamkan di rumah duka Jalan Belitung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Konjen Bambang yang sempat membesuk selama Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Persatuan Nasional itu dirawat di Penang mengatakan seluruh putra dan putri berada di sana mendampingi Sarwono di saat terakhir.

Ia mengatakan KJRI Penang sedang membantu proses pemulangan jenazah secepatnya, mengurus semua dokumen yang diperlukan dan penerbangan menuju Jakarta.

Baca juga: Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia
Baca juga: Istri Sarwono Kusumaatmadja Wafat

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023