beliau menjadi mentor bagi banyak rekan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan almarhum Sarwono Kusumaatmaja merupakan salah satu putra terbaik Bangsa Indonesia.
 
"Saya kira semua orang tahu bahwa beliau adalah salah satu putra terbaik bangsa, beliau menjadi mentor bagi banyak rekan, beliau adalah senior, beliau juga profesional," katanya saat ditemui di rumah duka almarhum Sarwono di Jakarta, Sabtu.
 
Siti mengatakan almarhum merupakan sosok yang memberi ketauladanan, penuh pengetahuan, solutif, dan menjadi tempat yang nyaman untuk diajak bicara dalam perspektif dan spektrum yang begitu lebar.
 
Sebagaimana yang telah diketahui, almarhum sempat menjabat sebagai Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia di era Gus Dur serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di era Soeharto.

Baca juga: Mantan menteri Sarwono Kusumaatmaja tutup usia
Baca juga: Menteri Trenggono sebut Sarwono sebagai sosok panutan dan berjasa
 
Dia menyatakan bahwa dirinya beserta Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Abdullah Azwar Anas telah bersama-sama mengantarkan almarhum hingga akhir waktunya dengan penghormatan yang tinggi.
 
"Yang terpenting adalah pengetahuan, keteladanan, dan hal-hal positif yang bisa kita ambil telah kita dapatkan dari almarhum," tuturnya.
 
Dia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran proses pemulangan jenazah dari Malaysia.
 
Sebelumnya, almarhum Sarwono Kusumaatmadja merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim di KLHK yang masih aktif menjabat.
 
Maka dari itu, Siti mengungkapkan pihaknya akan menghimpun segala upaya yang dimiliki untuk mengatasi kekosongan di lini tersebut sepeninggalan almarhum.
 
"Meskipun dalam hati kita tahu bahwa beliau mungkin tidak tergantikan ya, tapi pekerjaan-pekerjaan birokratik saya kira tetap harus lancar dilakukan," demikian Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga: Mantan Menteri Sarwono Kusumaatmadja dikenal senang berbagi ilmu
Baca juga: Jenazah Sarwono Kusumaatmadja tiba di rumah duka di Jakarta

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023