saya harus benar-benar mengubah hidup saya
Taipei (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Taiwan Sean Chen (63), Jumat, mengatakan ia mengundurkan diri karena alasan kesehatan, setelah kabinet yang dia pimpin mendapat cercaan karena lemahnya dalam penanganan ekonomi.

"Saya punya beberapa masalah kesehatan ... dan saya harus benar-benar mengubah hidup saya serta gaya kerja saya untuk membalikkan keadaan," kata ahli keuangan itu dalam konferensi pers untuk mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya percaya bahwa perekonomian akan membaik tahun depan. Kami telah bekerja sangat keras mengenai perencanaan masalah jangka panjang dan saya berharap semua orang akan terus mendukung tim baru," katanya.

Wakil Perdana Menteri Jiang Yi-Huah (53), seorang cendekiawan yang berpaling menjadi politisi dan mantan menteri dalam negeri, akan mengambil alih tugasnya, kata Chen.

Mundurnya Chen terjadi saat ekonomi Taiwan tumbuh 1,25 persen pada 2012 dari tahun lalu atau laju paling lambat dalam tiga tahun karena ekspor menyusut.

Chen, yang sebelumnya mengepalai Komisi Pengawas Keuangan, regulator utama industri, mengalami masa-masa tegang sejak menjabat sebagai perdana menteri pada awal 2012.

Kabinetnya sering mengalami serangan berkaitan kelesuan ekonomi dan kebijakan kontroversial lainnya, dengan oposisi berulang kali menuntut agar dirinya mundur.

Tahun lalu, Chen selamat dari mosi tidak percaya parlemen - hanya kedua kalinya dalam sejarah Taiwan - berkaitan apa yang anggota parlemen oposisi anggap bahwa kabinetnya gagal untuk mengekang meningkatnya pengangguran dan inflasi.

Di bawah sistem politik Taiwan perdana menteri memimpin kabinet dan ditunjuk oleh presiden.
(AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013