Saya sendiri juga belum tahu kapan pertarungan (perebutan gelar ke-18) itu akan dilaksanakan,"
Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John masih memfokuskan latihan peningkatan fisik untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar ke-18 mendatang.

Petinju dengan rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri ketika dihubungi dari Semarang, Jumat malam, mengatakan, sampai satu minggu ke depan fokus latihan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, masih berupa peningkatan fisik saja.

Menurut petinju dengan julukan The Dragon tersebut, latihan peningkatan fisik yang dilakukan selama ini dan satu pekan ke depan adalah lari dan latihan dengan beban.

Latihan peningkatan fisik yang dijalani Chris John berarti akan berjalan dua pekan karena yang bersangkutan berangkat untuk menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, sejak Senin (28/1), dan sekarang ini sudah berlangsung hampir sepekan kemudian ditambah satu minggu ke depan.

Kalau soal jadwal pertarungan dan lawan yang akan dihadapi pada pertarungan mendatang, menurut petinju yang sudah sembilan tahun lebih memegang gelar juara dunia tersebut, belum bisa dipublikasikan sampai ada pengumuman resmi dari promotor.

"Saya sendiri juga belum tahu kapan pertarungan itu akan dilaksanakan," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar saat mengalahkan petinju Thailand Chonlatarn Piriyapinyo di Marina Bay sands Singapura, 9 November 2012.

Chris John bertolak ke Australia untuk menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Senin (28/1).

Pertarungan mendatang bagi Chris John merupakan ke-18 untuk mempertahankan gelarnya setelah merebutnya dari petinju Kolombia Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, September 2003.

Dari 17 kali pertarungan mempertahankan gelar yang sudah dijalani petinju dengan julukan The Dragon tersebut, lima di antaranya melalui pertarungan wajib atau "mandatory fight", yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela) kemudian Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama).

Bahkan, setelah melawan Enoki, Chris John mendapat gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelar juara dunia 10 kali tanpa putus.

Kemudian 12 kali melalui pertarungan pilihan, yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venexuela), Zaiki takemoto dan Osamu Sato (Jepang), Tommy Brown (Australia), Renant Acosta (Panama), dua kali melawan Rocky Juarez (Amerika Serikat), Fernando Saucedo (Argentina), Daud Yordan (Indonesia), Stanyslav Merdov (Ukraina), Shoji Kimora (Jepang), dan Chonlatarn Piriyapinyo (Thailand).

(H015/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013