HPN menjadi momentum pembangunan Sulut ke depan, karena melalui kegiatan ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan gedung Coral Triangle Initiative, serta dimulainya pembangunan megaproyek seperti jalan tol, Kawasan Ekonomi Khusus(KEK), p
Manado (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Utara(Sulut), Sinyo H Sarundajang mengatakan, peringatan Hari Pers Nasional(HPN) di Kota Manado, merupakan momentum untuk pembangunan megaproyek Sulut.

"HPN menjadi momentum pembangunan Sulut ke depan, karena melalui kegiatan ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan gedung Coral Triangle Initiative, serta dimulainya pembangunan megaproyek seperti jalan tol, Kawasan Ekonomi Khusus(KEK), pelabuhan internasional," kata Gubernur Sarundajang, dalam sambutan peresmian Gedung PWI Sulut, di Manado, Sabtu.

Sarundajang mengatakan, melalui kegiatan ini, maka Sulut berkesempatan meluncurkan berbagai program besar yang mengarah ke sasaran Sulut menjadi pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik.

"Program Sulut menjadi pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik, sudah melalui kajian yang matang, karena itu optimistis rencana ini akan jadi kenyataan, kendati tidak mungkin dalam waktu dekat ini, tetapi suatu saat akan jadi kenyataan," kata Sarundajang.

Untuk itu, kata Sarundajang, maka berbagai program pendukung rencana tersebut sudah harus dimulai dari sekarang diantaranya pembangunan jalan tol Manado-Bitung, pelabuhan internasional Bitung, pengembangan kawasan ekonomi khusus(KEK).

Selain itu, dengan adanya perhatian pemerintah terhadap jajaran pers melalui Hari Pers Nasional, kata Sarundajang, maka wartawan di daerah ini termotivasi untuk bersama pemerintah memunculkan ide cemerlang guna menyukseskan program pembangunan ke depan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulut, Jootje Kumajas, mengatakan, jajaran pers di daerah ini siap mendukung program menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

"Dengan HPN berlangsung di daerah ini menginspirasi jajaran pers di daerah ini selain meningkatkan kontrol sosial, juga membantu melalui pemberitaannya agar Sulut menjadi pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik," kata Jootje.

(G004/M031)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013