Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mencatat lahan yang terbakar di wilayah kota setempat dalam sehari (30 Mei 2023), seluas 9 hektare.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani di Palangka Raya, Selasa, mengatakan dari 9 hektare lahan yang terbakar itu tercatat dari lima kecamatan yang ada di kota setempat.

"Di Kecamatan Jekan Raya ada delapan kejadian dan lahan yang terdampak karhutla luasnya 3,3 hektare lebih, Pahandut sebanyak dua kejadian dengan luas lahan yang terdampak 1,1 hektare lebih," katanya.

Kemudian, untuk di Kecamatan Sebangau ada tiga kejadian dan lahan yang terdampak seluas 3,1 hektare lebih, Bukit Batu satu kejadian lahan yang terdampak setengah hektare dan di Kecamatan Rakumpit saat ini tidak ada kejadian.

Baca juga: Januari-Mei 2023, BPBD Palangka Raya tangani sembilan kasus karhutla

Baca juga: Polisi di Palangka Raya sosialisasi membakar lahan dapat dipidana


"Untuk total seluruh kejadian hari ini ada 14 kejadian dan total lahan yang terdampak 9 hektare," ucapnya.

Emi menuturkan di Kecamatan Jekan Raya pada hari ini ada delapan kejadian lahan yang terbakar seluas 3,3 hektare lebih. Untuk di Kelurahan Bukit Tunggal ada 6 kejadian dan lahan yang terbakar 2 hektare, Kelurahan Menteng tidak ada kejadian, Kelurahan Palangka 1 kejadian dengan luas lahan terbakar seperempat hektare.

Kemudian di Kelurahan Petuk Katimpun ada satu kejadian, luas lahan yang terbakar 1 hektare lebih.

Di Kecamatan Pahandut tepatnya di Kelurahan Langkai, Pahandut Pahandut Seberang dan Tumbang Rungan sama sekali tidak ada kejadian. Namun, untuk di Kelurahan Panarung ada satu kejadian dan lahan yang terbakar seperempat hektare, kemudian Kelurahan Tanjung Pinang satu kejadian dan lahan yang terbakar seluas 1 hektare lebih.

Untuk total kejadian di Kecamatan Pahandut ada 2 lahan yang terbakar seluas 1 hektare lebih.

"Di Kecamatan Sabangau hanya terjadi di satu kelurahan saja, yakni Kelurahan Kalampangan ada 3 kejadian dan luas lahan yang terbakar seluas 3 hektare lebih, sedangkan totalnya di kecamatan Sabangau tercatat seluas 3 hektare lebih," paparnya.

Di Kecamatan Bukit Batu tepatnya di Kelurahan Marang tercatat satu kejadian dan luas lahan yang terbakar hanya setengah hektare.

"Sedangkan untuk di Kecamatan Rakumpit dari tujuh kelurahan yang berada di daerah setempat sama sekali tidak ada kejadian per hari ini," demikian Emi.*

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta siapkan SDM terlatih hadapi karhutla

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya tetapkan status siaga bencana karhutla

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023