guna percepat pembangunan Papua terlebih khusus lagi terhadap program prioritas strategis bersama seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua menyatakan siap bersinergi dengan Anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang baru saja dilantik oleh Wakil Presiden (Wapres) dalam mewujudkan program kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Agus Yudianto kepada ANTARA di Jayapura, Selasa mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas dilantik dan dikukuhkan BP3OKP pada Senin (29/5) dalam mempercepat pembangunan Otonomi Khusus di Papua.

"BP3OK yang dibentuk sebagai amanat undang-undang nomor 2 tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua berharap bisa mensinergikan dan mengkonsolidasikan pemerintah provinsi kabupaten kota serta Kementerian, Lembaga terkait," katanya.

Menurut Agus, guna percepat pembangunan Papua terlebih khusus lagi terhadap program prioritas strategis bersama seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

"Bagi perwakilan yang dilantik, tentunya agar dapat segera bekerja sama dan melaksanakan tanggung jawabnya secara maksimal semata-mata untuk bersama-sama Pemda dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Papua,"ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengukuhkan enam anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Dalam arahannya Wapres selaku Ketua BP3OKP meminta para anggota BP3OKP mengawal Program Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) dan Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua (RAPPP) Tahun 2022–2041.

"Saya harap para anggota BP3OKP dapat betul-betul mengawal ketuntasan program yang diatur dalam RIPPP dan RAPPP sebagai rencana aksi lima tahunan," ujar Wapres di Jakarta, Senin.

Untuk diketahui pengangkatan enam anggota BP3OKP berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15/M Tahun 2023.

Enam anggota yang dilantik, yakni Alberth Yoku Perwakilan Provinsi Papua, Irene Manibuy Perwakilan Provinsi Papua Barat, Yoseph Yanowo Yolmen Perwakilan Provinsi Papua Selatan, Pietrus Waine Perwakilan Provinsi Papua Tengah, Hantor Matuan Perwakilan Provinsi Papua Pegunungan, Otto Ihalauw Perwakilan Provinsi Papua Barat Daya.
Baca juga: BP3OKP berkomitmen serap aspirasi setiap kabupaten di Papua
Baca juga: Wapres kukuhkan anggota BP3OKP dan instruksikan kawal RIPPP
Baca juga: DKP Jayapura presentasikan pengembangan wisata perikanan ke BP3OKP


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023