Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan PT Kalbe Farma Tbk mendukung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mitra Keluarga dengan memberikan beasiswa kepada pelajar Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

"Dukungan kegiatan ini juga merupakan salah satu jawaban dalam upaya bersama untuk mendukung ketersediaan tenaga kesehatan yang nantinya menjadi bagian dalam upaya menyehatkan kehidupan bangsa," kata Kalbe Corporate Sustainability Assistant Manager, Chondro Rini dalam keterangan resmi, Rabu.

Chondro menjelaskan bahwa kerja sama tersebut adalah dengan skema akademisi, bisnis dan pemerintah.

Baca juga: Kalbe Farma targetkan penjualan bersih naik 15 persen pada 2023
 
Kegiatan yang dilakukan Stikes Mitra Keluarga merupakan bagian dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu tiga kewajiban perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Bupati Belitung Timur Burhanudin melakukan kunjungan kerja ke Stikes Mitra Keluarga, Bekasi Timur pada Jumat (26/5) untuk menjajaki peluang pengembangan sumber daya manusia. Program tersebut diberikan kepada anak-anak berprestasi yang mengalami keterbatasan ekonomi.

"Peluang ini kami sambut dengan baik. Kami berharap bisa terikat dalam nota kesepahaman MoU agar bisa mengembangkan kerja sama,” kata Burhanudin.

Belitung Timur, kata Burhanudin, tidak memiliki perguruan tinggi. Setelah lulus SMA, para siswa melanjutkan ke perguruan tinggi yang berada di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
 
"Bagi siswa berprestasi, namun, terkendala ekonomi kini bisa juga melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan program beasiswa dari Stikes Mitra Keluarga," kata Burhanudin.
 
Selain pengembangan kualitas SDM, Burhanudin juga berharap ada program kesehatan di Belitung Timur.
 
Rektor Stikes Mitra Keluarga, Dr. Susi Hartati, SKp, M. Kep. Sp.Kep.An, menjelasman siswa yang lulus seleksi bisa mengikuti program beasiswa di kampus tersebut.

Baca juga: Mitra Keluarga salurkan obat dan alat kesehatan untuk puskesmas

Baca juga: ASDP berikan beasiswa pendidikan S1 melalui program TJSL

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023