Bantuan kami berikan kepada sejumlah pengurus dengan total sebanyak Rp350 juta
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp350 juta untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta rumah ibadah di Kabupaten/Kota Cirebon dan Indramayu.

"Bantuan kami berikan kepada sejumlah pengurus dengan total sebanyak Rp350 juta," kata Vice President PT KAI Daop 3 Cirebpn Dicky Eka Priandana di Cirebon, Rabu.

Menurutnya bantuan tersebut merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui program bina lingkungan sebesar Rp350 yang disalurkan kepada sembilan penerima di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon, yaitu di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu.

Baca juga: KAI Sumut klaim catat sejarah setelah bantu mengangkut 332 calon haji

Ia menjelaskan bantuan tersebut merupakan wujud nyata sinergi KAI Cirebon dengan unsur-unsur kewilayahan, masyarakat di lingkungan kerja, serta sebagai bentuk dukungan BUMN membangun negeri.

Selanjutnya untuk pembangunan Masjid Baabul Jannah di Desa Cangkring, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, sebesar Rp25 juta, ada juga pembangunan Madrasah Diniyah Takmiliyyah Ula (MDTU) Darunnahdliyyah yang terletak di Desa Wangunharja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon sebesar Rp20 juta.

"Kemudian pembangunan asrama pondok pesantren Kebon Dzikir di Desa Jungjang Wetan, Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon, sebesar Rp30 juta," tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya juga menyerahkan bantuan sebesar Rp100 juta untuk pembuatan sarana dan prasarana Pusat kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dan Kursus Caruban Cakti Keraton Kanoman Kota Cirebon.

Sementara untuk pembuatan Laboratorium Seni dan Tradisi di Kelurahan Harjamukti, Kota Cirebon, KAI menyalurkan Rp50 juta, begitu juga pembangunan Asrama Pendidikan Al Qur'an di Desa Cibeber, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu dengan nilai Rp50 juta.

"Sisanya untuk renovasi masjid dan pembangunan jalan menuju ke Pondok Pesantren Buntet," katanya.

Baca juga: Okupansi kereta di KAI Daop 9 Jember meningkat menjelang libur panjang

Dengan penyaluran bantuan tersebut, PT KAI akan terus menjalankan program Tanggung TJSL.kepada masyarakat, khususnya di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon, untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023