Bantuan benih gratis varietas kemloko ini untuk menjaga kemurnian tembakau Temanggung, karena varietas kemloko ini paling cocok ditanam di wilayah lereng Gunung Sindoro,....
Temanggung (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberikan bantuan benih tembakau gratis kepada para petani untuk menjaga kemurnian tembakau lokal varietas kemloko.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Pemkab Temanggung Joko Budi Nuryanto di Temanggung, Kamis, menyebutkan bantuan benih tembakau gratis tersebut sekitar 110 kilogram atau setara untuk luas tanam kurang lebih 11.000 hektare.

Menurut dia bantuan benih tembakau tersebut dengan varietas Kemloko 1, 2, 3, 4, 5, dan Kemloko 6.

"Bantuan benih gratis varietas kemloko ini untuk menjaga kemurnian tembakau Temanggung, karena varietas kemloko ini paling cocok ditanam di wilayah lereng Gunung Sindoro, Sumbing, dan Prahu," katanya.

Baca juga: Pemkab catat luas tanaman tembakau di Temanggung 14.000-16.000 hektare

Selain bantuan benih tembakau, nantinya juga ada bantuan pupuk tembakau, yakni jenis fertila dan ZA untuk luas lahan sekitar 2.700 hektare.

Ia menyampaikan bantuan pupuk tersebut dari dana APBN untuk 50 hektare, APBD provinsi 550 hektare dan dari APBD Kabupaten Temanggung bagi 2.100 hektare lahan tembakau.

"Bantuan pupuk ini merupakan bentuk keberpihakan pemda kepada para petani tembakau, karena tidak ada pupuk subsudi bagi tembakau," katanya. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023