Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua dan PT Salmon Enterprise dari negara Malaysia menjalin kerja sama bidang perikanan.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya melakukan penandatanganan kerja sama bidang perikanan dengan investor dari Malaysia.

“Hari ini kita tanda tangan MoU untuk masa satu tahun dengan investor Malaysia dengan harapan hak serta keselamatan para nelayan tetap jadi prioritas kami,” katanya.

Menurut Triwarno, langkah penjajakan kerja sama ini merupakan sebuah langkah maju di bidang perikanan dan kelautan di Kabupaten Jayapura.

“Kerja sama ini tentu akan memberi wawasan baru bagi pelaku usaha perikanan dan juga para pengusaha yang bergerak di bidang tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan prinsip nya pemerintah lebih kepada menjaga para nelayan dan pengusaha ikan agar tetap aman dan mendapat manfaat dari kegiatan ekspor ikan ini.

“Kami berharap agar investor datang untuk berinvestasi di Kabupaten Jayapura bukan mengharapkan APBD daerah dalam melakukan ekspor ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan jika investor datang dan mengharapkan APBD daerah maka pemerintah memutuskan untuk melakukan pengolahan atau ekspor sendiri.

“Kami ingin lihat dulu komitmen setahun yang sudah disepakati dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini, selanjutnya akan kita kaji lagi,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pemkab Jayapura: Pangan lokal jadi daya tarik wisata
Baca juga: Pemkab Jayapura siap mendorong Yoboi sebagai desa wisata 2024
Baca juga: Kemenparekraf imbau masyarakat jaga kebersihan Danau Sentani

 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023