Islamabad (ANTARA News) - Gempa berkekuatan sedang, 5,3 pada Skala Richter, mengguncang beberapa bagian Pakistan pada Selasa malam (5/2), demikian laporan media resmi negeri itu.

Stasiun televisi milik negara di Pakistan, PTV News, dengan mengutip Departemen Meteorologi Pakistan, melaporkan gempa tersebut mengguncang wilayah barat-laut negeri tersebut.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerugian harta di daerah yang diguncang gempa, kata Xinhua.

Guncangan dapat dirasakan di Peshawar, Ibu Kota Provinsi Pakistan Barat-laut, dan daerah yang berdekatan --wilayah Dir, Swat serta Malakand.

Pusat gempa, dengan kealaman 214 kilometer, dilaporkan berada di Wilayah Hindu Kush, gugusan gunung yang berada di Pakistan utara dan bagian timur-laut Afghanistan.

Gempa itu mengakibatkan kepanikan di kalangan warga di daerah yang terpengaruh; warga bergegas ke luar rumah mereka di tengah udara sangat dingin dan hujan lebat.

Pada pertengahan Agustus 2012, gempa bumi dengan kekuatan 5,4 pada Skala Richter mengguncang wilayah utara Pakistan, kata Badan Survei Geologi AS.

Pusat gempa itu, pada kedalaman 53 kilometer, tercatat berada 119 kilometer dari Mingaora di wilayah utara Swat dan 130 kilometer dari Gilgit di Kashmir.

Gempa tersebut terjadi di dekat perbatasan antara provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan negara bagian India, Jammu dan Kashmir, sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Pakistan diguncang gempa dengan kekuatan 7,6 Skala Richter pada 8 Oktober 2005, sehingga menewaskan lebih dari 73.000 orang sementara 3,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, terutama di Kashmir yang dikuasai Pakistan dan bagian wilayah Khyber Pakhtunhwa.

(C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013