pelayanan yang disediakan yaitu pengurusan identitas kependudukan digital, layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta Samsat Keliling
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyiapkan Gebyar Layanan Publik pada acara puncak Perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-541 di  Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (4/6).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Cibinong, Bogor, Jumat, menyebutkan bahwa akan ada berbagai stan dari perangkat daerah untuk memberi pelayanan saat acara puncak HJB.

Beberapa pelayanan yang disediakan yaitu pengurusan identitas kependudukan digital, layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta Samsat Keliling.

"Kemudian ada donor darah, bazar UMKM, senam hajar serangan fajar secara massal, playday board, dan sejumlah doorprize menarik bagi yang beruntung. Serta sosialisasi dan edukasi perilaku antikorupsi," kata Burhan.

Sementara, Ketua Panitia HJB Ke-541 Zaenal Ashari menjelaskan rangkaian perayaan HJB Ke-541 dengan tema Tuntas Harmonis Makmur sudah berlangsung sejak Rabu (31/5), yakni diawali dengan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor.

Kemudian, pada hari H, 3 Juni 2023, akan diselenggarakan upacara peringatan HJB dan penyerahan Tegar Beriman Award (TBA) di Lapangan Tegar Beriman, dilanjutkan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Bogor dengan mengenakan pakaian pakaian khas Jawa Barat.

Baca juga: Kebun Raya Bogor jadi tempat wisata pilihan Kim Seon-ho

Baca juga: Ganjil-genap diberlakukan di jalur wisata Puncak Rabu hingga Minggu


“Tahun ini TBA akan diberikan kepada 35 orang yang berdedikasi tinggi untuk Kabupaten Bogor di bidangnya masing-masing. Insya Allah akan diberikan apresiasi berupa umroh gratis,” paparnya.

Zaenal menjelaskan acara puncak peringatan HJB ke-541 berlangsung di Stadion Pakansari pada 4 Juni 2023. Panitia menyiapkan serangkaian acara yang melibatkan seluruh ASN di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

"Plt Bupati Bogor sudah memerintahkan kepada para Camat untuk memeriahkan HJB bersama masyarakat di wilayah masing-masing, dan alhamdulillah rangkaian HJB sudah dilaksanakan di masing-masing wilayah," terang Zaenal.

Semarak puncak perayaan HJB juga akan dimeriahkan dengan Roadshow Bus Antikorupsi dengan tema Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi yang diprakarsai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada segmen acara tersebut ada beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat, diantaranya Senam Kesehatan, Kompetisi Senam Hajar Serangan Fajar sebagai salah satu program edukasi anti korupsi yang dicanangkan oleh KPK.

“Ada juga hiburan edukasi anti korupsi berupa kuis dengan doorprize, deklarasi anti korupsi, dan permainan board game. Ada pula sajian penampilan budaya lokal atau kesenian serta hiburan musik,” papar Zaenal.

Baca juga: Pemkab Bogor promosikan produk lokal di Indonesia Maju Expo 2023

Baca juga: Pemkab Bogor siapkan 541 tumpeng untuk perayaan HJB

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023