Diskon biaya penyambungan baru air bersih sebesar 42 dan pemutihan biaya penyambungan kembali
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memberikan diskon hingga 50 persen untuk biaya pemasangan sambungan baru selama peringatan hari jadinya yang ke-42.

"Diskon biaya penyambungan baru air bersih sebesar 42 dan pemutihan biaya penyambungan kembali," kata Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad dalam keterangannya di Bogor, Kamis.

Ia menjelaskan, selain pemberian diskon dan pemutihan, Tirta Kahuripan juga melakukan penyaluran CSR dalam bentuk bantuan pembayaran rekening air sejumlah pelanggan selama bulan Februari 2023.

Baca juga: Tirta Kahuripan Bogor gandeng swasta tingkatkan cakupan layanan

"Bantuan untuk kelompok pelanggan rumah sangat sederhana, bantuan pembayaran rekening air untuk golongan tarif rumah ibadah, dan penyambungan baru gratis untuk rumah ibadah," paparnya.

Abdul Somad berharap, di usianya yang ke-42, Tirta Kahuripan dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan berbagai prestasi, sehingga menginspirasi banyak orang untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Menurutnya, Tirta Kahuripan berhasil meraih penghargaan pada tahun 2022 dari BPKP Provinsi Jawa Barat sebagai BUMD terbaik se-Jawa Barat dan BUMD Air Minum dengan kategori capaian terbaik kinerja keuangan, operasional dan tata kelola perusahaan.

Selain itu, Tirta Kahuripan mempertahankan posisi 10 besar dalam penghargaan dari PUPR sebagai BUMD Air Minum dengan kategori “Sehat” dan tingkat kinerja sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 47 Tahun 1999 dengan nilai 72,50 atau termasuk kategori “Baik”.

"Perumda Air Minum Tirta kahuripan juga sangat memperhatikan keselamatan dan Kesehatan kerja para pegawai nya yang ditunjukkan dengan diraihnya penghargaan dari Gubernur Jawa Barat dan Menteri Ketenagakerjaan RI atas keberhasilan penerapan P2K3 dengan kategori Platinum dan zero accident selama 5.044.232 jam kerja tanpa kecelakaan terhitung Januari 2019 sampai dengan September 2022," papar Abdul Somad.

Ia menjelaskan, hingga kini, Tirta Kahuripan telah 27 dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor dengan cakupan wilayah teknis sebesar 30,28 persen dan jumlah pelanggan sebanyak 212.380 sambungan.

Sementara, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Yuliansyah Anmar menyebutkan bahwa hari jadi ke-42 Tirta Kahuripan diperingati dengan berbagai kegiatan sosial, mulai dari pemotongan tumpeng, pengajian serta simbolis pemberian santunan kepada anak yatim.

“Momentum hari jadi ini menjadi satu kesempatan bagi kita untuk melakukan refleksi dan introspeksi dalam rangka perbaikan dan pengembangan perusahaan secara lebih baik dan berkelanjutan," kata Yuliansyah.

Baca juga: Tirta Kahuripan segera penyesuaian tarif agar subsidi tepat sasaran

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023