untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai pengguna layanan dan mengetahui persepsi secara objektif harapan pelanggan
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan survei kepuasan pelanggan selama Juli 2023.

"Ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan perusahaan," kata Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Abdul Somad di Bogor, Selasa.

Ia menjelaskan survei yang pelaksanaannya bekerja sama dengan PT Multi Utama Risetindo itu dilakukan dengan metode sampling terhadap 1.104 pelanggan di sembilan wilayah cabang pelayanan Tirta Kahuripan.

Indikator yang disurvei, kata Abul Somad, yaitu kuantitas, kualitas dan kontinuitas air yang diterima pelanggan. Kemudian, pelayanan pembacaan meter air, kemudahan pembayaran tagihan, respons terhadap pengaduan, serta kecepatan informasi jika terjadi gangguan pasokan air.

Ia memastikan bahwa petugas survei dibekali tanda identitas petugas dan surat pengantar dari Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.

Baca juga: Perumda Tirta Pakuan imbau matikan meteran saat mudik

Baca juga: Perumda Tirta Kahuripan Bogor jaga pasokan air bersih selama Ramadhan


"Ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai pengguna layanan dan mengetahui persepsi secara objektif yang diharapkan pelanggan terhadap pelayanan yang diterima," ujarnya.

Menurut dia, hasil survei ini nantinya menjadi pedoman bagi perusahaan dalam memperbaiki layanan secara tepat di masing-masing unit kerja.

Karena, ia mengaku ingin mewujudkan layanan yang unggul demi menjadikan Tirta Kahuripan sebagai perusahaan air minum termaju dan terbaik di Indonesia.

Di samping itu, Abdul Somad mengimbau pelanggan untuk bijak dalam menggunakan air, karena Kabupaten Bogor sudah memasuki musim kemarau yang berimbas pada berkurangnya debit air di sungai maupun mata air.

Namun, kata dia, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan tetap berusaha untuk menjaga pasokan air bersih kepada pelanggannya.

"Apabila terjadi gangguan pelayanan, pelanggan dapat meminta bantuan tangki air bersih melalui call center (1500 412) dan WA (081293304646) ataupun melalui kantor cabang pelayanan terdekat," kata Abdul Somad.

Baca juga: Perumda Tirta Kahuripan Bogor imbau warga tampung air jelang perbaikan

Baca juga: Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Bogor bentuk tim tanggap darurat

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023