Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan menyiagakan petugasnya selama 24 jam selama perayaan Lebaran 1444 Hijriah untuk memastikan ketersediaan pasokan air bersih pada masyarakat.

"Personel teknik dan nonteknik kami siagakan, dilengkapi alat penunjang stok pompa, bahan kimia, genset dan pemipaan untuk antisipasi jika ada gangguan jika ada kebocoran pipa," kata Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad di Bogor, Kamis.

Kemudian, pihaknya juga menyiagakan 11 unit mobil tangki masing-masing berkapasitas 4.000 liter di seluruh wilayah pelayanan, untuk menjamin ketersediaan air bersih kepada pelanggan, jika terjadi gangguan.

"Kami juga sudah memiliki tim reaksi cepat untuk mengantisipasi gangguan non alam seperti kebocoran pipa dan cemaran limbah di sungai. Kami juga menyediakan layanan call center (1500412) dan WA di nomor 081293304646 apabila ada laporan terkait gangguan pelayanan," ujarnya.

Abdul Somad juga mengingatkan bagi pelanggan yang hendak pergi mudik, agar tidak lupa untuk mematikan kran air untuk mencegah kebocoran atau membengkaknya tagihan air serta memudahkan petugas membaca meter saat gerbang rumah terkunci.

"Sedangkan untuk memudahkan pembayaran tagihan air dapat menggunakan fasilitas online, ATM, Kantor Pos, PPOB dan dikarenakan libur panjang Lebaran untuk Batas Waktu Pembayaran (BWP) di bulan April 2023 tagihan air akan jatuh tempo ditanggal 27 April 2023," jelas Abdul Somad.

Untuk loket pembayaran, kata dia, selama libur lebaran akan tutup pada 19-25 April 2023 dan bagi pelanggan yang ingin membayar tagihan air, namun belum sempat datang ke loket pembayaran dapat menggunakan layanan pembayaran online seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BJB, Bank BNI, Bank BTN, Bank BSI dan PT Pos Indonesia atau loket PPOB seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan agen pembayaran lainnya.

Di samping itu, seperti tahun-tahun sebelumnya Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kembali menyalurkan 1.290 paket bantuan Hari Raya berupa bahan pokok untuk masyarakat yang membutuhkan di sekitar cabang pelayanan maupun Instalasi Pengolahan Air.

"Kami, Direksi beserta seluruh pegawai Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum, selamat hari raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023