Situbondo (ANTARA) - Manajemen Pabrik Gula (PG) Assembagoes Situbondo, Jawa Timur, mencatat pada musim giling tahun ini periode 18 Mei sampai 2 Juni 2023 atau sekitar dua pekan terakhir sudah menggiling tebu sebanyak 54.323 ton.

"Alhamdulillah sampai dengan hari ini giling tebu berjalan lancar, dan sementara tidak ada kendala dalam pelaksanaan musim giling tahun ini," ujar General Manajer PG Assembagoes Situbondo, Mulyono di Situbondo, Jawa timur, Sabtu.

Menurut dia, sejak dimulainya musim giling pada 18 Mei 2023 rata-rata per hari PG Assembagoes mampu menggiling tebu 3.500 ton sampai dengan 3.800 ton per hari, dari target giling 4.000 ton per hari.

Mulyono mengaku bersyukur
setiap hari sejak dimulainya musim giling pasokan bahan baku tebu terus didukung oleh petani di wilayah itu, sehingga pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara XI itu mampu menyentuh target giling tebu 4.000 ton per hari.

"Dari awal giling, PG Assembagoes rata-rata mampu menggiling tebu 3.700-3.800 ton per hari, dan beberapa hari lalu juga sempat giling tebu tembus 4.000 ton per hari," katanya.

Baca juga: APTR puji PG Assembagoes Situbondo beli tebu petani Rp63.000/kw

Ia menambahkan, Pabrik Gula Assembagoes PT Perkebunan Nusantara XI di Situbondo menargetkan produksi gula pasir pada musim giling tahun 2023 sebanyak 37.000 ton.

"Sementara target rendemen atau kandungan gula dalam batang tebu 7,56 persen. Sedangkan target giling tebu sekitar 5 juta ton dari luas lahan tanaman tebu 6.000 hektare milik petani dan PG Assembagoes," kata Mulyono.

Target produksi gula pasir, rendemen di PG Assembagoes bisa tercapai atas dukungan dan kerja sama yang baik dengan Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) dan para petani tebu, serta seluruh pemangku kepentingan lainnya.

Pada musim giling 2023, PG Assembagoes Situbondo diperkirakan akan beroperasi giling tebu sampai dengan bulan September atau Oktober mendatang.

Baca juga: PG Assembagoes Situbondo siapkan teknisi khusus atasi gangguan mesin

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023