Acara kami rancang untuk perdamaian dan persaudaraan sesama pesilat tradisi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat menggelar "Festival Seni Pencak Silat Tradisi" pada 3-4 Juni di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB),  Cengkareng, dalam rangka mengampanyekan persaudaraan. .

“Acara kami buat untuk perdamaian dan persaudaraan sesama pesilat tradisi. Saya ingin melihat semua pesilat tradisi hidup dalam persaudaraan dan perdamaian. Karena akhir dari semua itu adalah berbagi keharmonisan, kebahagiaan, dan kedamaian,” kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaropi dalam sambutannya di Jakarta, Sabtu.

Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Tradisi 2023 dibuka dengan pertunjukan tari Cupang Menor.

Syaropi mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini melibatkan  55 sanggar pencak silat di wilayah  Jakarta Barat.

Kemudian, jelas Syaropi, untuk lancarnya kegiatan festival, pihaknya juga menghadirkan tim juri berjumlah 16 orang yang merupakan  ahli bela diri silat.

Lebih lanjut disebutkan, peserta dibagi atas tiga kategori, yakni kategori tunggal putra-putri, pasangan putra-putri, serta kategori berkelompok atau grup. Juara dari masing-masing kategori terdiri atas lima kategori, yakni juara I, II, III, harapan I dan II. Adapun kriteria penilaian meliputi penampilan, ketepatan waktu, jurus-fisik. dan kualitas gerak.

Dalam kegiatan tersebut, panitia memberikan hadiah berupa uang dengan rincian, juara I Rp2 juta, juara II Rp1,8 juta, juara III Rp1,6 juta, harapan I Rp1,4 juta, dan harapan II Rp1,2 juta. Pasangan putra-putri, juara I Rp6 juta, juara II Rp5 juta, juara III Rp4 juta, harapan I Rp3 juta dan harapan II Rp2,5 juta. Untuk kategori berkelompok, juara I Rp10 juta, juara II Rp8 juta, juara III Rp6 juta, harapan I Rp5 juta, dan harapan II Rp4 juta.

“Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan esok,” tutup Syaropi.
Baca juga: Pesilat Kejurnas Jakarta Pusat Championship 6 dilindungi BPJAMSOSTEK
Baca juga: Wali Kota resmi dilantik jadi Ketua Umum IPSI Jaksel
Baca juga: Wagub DKI ajak masyarakat lestarikan Pencak Silat

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023