Alokasi anggarannya jangan setengah-setengah. Harus total, sebab nelayan tangkap kita tergolong banyak
Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, minta pemerintah daerah (pemda) setempat, fokus menyejahterakan nelayan tangkap dengan mengalokasikan anggaran yang cukup.

"Alokasi anggarannya jangan setengah-setengah. Harus total, sebab nelayan tangkap kita tergolong banyak," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Mikdad Yeser, di Gorontalo, Sabtu.

Mikdad mengatakan, sesuai data Dinas Kelautan dan Perikanan, jumlah nelayan tangkap mencapai 4.400 orang. Mereka yang bermodal kecil, misalnya memiliki perahu namun tidak dilengkapi mesin, perlu disentuh agar produksi perikanan dapat sesuai harapan.

Ia yang bermukim di tepi Pantai Monano, mengaku sering berdiskusi dengan nelayan tangkap. Banyak yang menyampaikan aspirasi terkait harapan mendapatkan bantuan modal dalam meningkatkan produksi dan konsisten berproduksi.

"Ini harus ditanggapi dengan cepat dan fokus. Komisi III DPRD berharap, alokasi anggaran untuk program penyaluran bantuan bagi nelayan tangkap dapat konsisten dan terus ditingkatkan," katanya.

Sektor perikanan tangkap harus mendapat sentuhan yang lebih fokus mengingat menjadi salah satu andalan terbaik bagi sumber penerimaan daerah jika mampu dikelola dengan tepat.

"Dengan mengandalkan sektor ini, DPRD optimistis angka kemiskinan dapat turun signifikan. Sebab kabupaten ini memiliki sumber daya alam dan manusia. Sehingga untuk dapat mengelola potensi yang dimiliki, maka harus dilakukan lebih fokus," katanya.

Baca juga: Jutaan udang laut masuk pemukiman warga Gorontalo Utara

Baca juga: Bupati Gorontalo Utara ajak masyarakat berwisata di Bukit Dunu Ceria

Baca juga: Disparbud Gorontalo Utara kembangkan pesisir jadi destinasi unggulan

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023