Padahal dengan cara sederhana, seperti jalan santai ini, sudah menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak seratus orang lanjut usia (lansia) bersama para pemuda dari komunitas Profit Jakarta melakukan jalan santai di Jakarta Pusat untuk menyosialisasikan gaya hidup sehat di usia senja.

Profit Jakarta yang merupakan komunitas di bidang sosial dan hukum, menggelar acara jalan santai itu dengan jarak yang tidak terlalu jauh di Jakarta Pusat, yakni dari Gereja Kathedral, Kantor Pos Lapangan Banteng, Pos Bloc Pasar Baru, kemudian kembali lagi ke lokasi semula.

"Hidup di kota Jakarta yang super sibuk ini terkadang membuat kita mengesampingkan kesehatan. Padahal dengan cara sederhana, seperti jalan santai ini, sudah menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan. Badan kena matahari, tubuh bergerak mengeluarkan racun, dan menghirup udara yang masih bersih karena pagi hari," kata Fitriyah selaku pendiri Profit Jakarta dalam siaran resmi pada Sabtu.

Selain untuk memperingati hari Lansia Nasional setiap 29 Mei, Fitriyah berharap kegiatan jalan santai itu dapat dilakukan secara rutin oleh generasi muda maupun lansia.

"Kegiatan ini akan diupayakan supaya menjadi kegiatan rutin sebulan sekali oleh Profit," kata Fitriyah.

Fitriyah menambahkan, kegiatan jalan santai tersebut merupakan bagian dari program kegiatan Profit Jakarta setelah mereka menyambangi beberapa rumah lansia di Jakarta untuk memberikan bantuan sosial dengan bantuan kelurahan setempat.

“Setelah turun ke lapangan, kami melihat ternyata masih banyak yang dibutuhkan lansia selain pamper. Kebutuhan itu antara lain tongkat dan kursi roda”, demikian ditambahkan Fitriyah.

Menjelang penutupan acara di Gereja Katedral, Profit Jakarta juga memberikan rosario kepada jemaat lansia di lokasi dengan harapan bisa memberikan semangat kepada lansia untuk beribadah.

"Profit Jakarta berharap kegiatan ini bisa memberikan semangat untuk para lansia agar senantiasa hidup sehat, dan sebagai pengingat generasi muda agar tetap semangat gotong royong merawat para lansia yang ada di Jakarta. Karena lansia juga merupakan penduduk Jakarta yang patut hidup layak di usia senja," tutup Fitriyah.
Baca juga: Sekolah Lansia Fatmawati tanamkan pengembangan diri bagi wisudawan
Baca juga: PPAPP DKI buka konsultasi psikologi bagi lansia untuk cegah kekerasan
Baca juga: WNA Nigeria yang serang lansia di Jakut terancam penjara lima tahun

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023