Kediri (ANTARA) - Pelatih Persik Kediri fokus memaksimalkan fisik pemain sehingga nantinya siap bertanding menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia yang segera bergulir pada 2023 ini.

"Kami baru selesai pekan kedua. Kami fokus lagi (latihan fisik) dan semoga semua pemain kondisinya baik," kata Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide di Kediri, Sabtu.

Pihaknya menilai kesempatan untuk berlatih para pemain saat ini lebih banyak, apalagi pada pramusim Liga Indonesia 2023/2024 tidak ada ajang Piala Presiden.

Namun, pihaknya sudah komunikasi dengan manajemen untuk latihan bagi para pemain dengan melawan tim yang juga bertanding di liga 1.

"Kami minta beberapa uji coba tapi dengan lawan yang kuat. Jadi, bisa lawan dengan selevel kami (Liga 1) atau dari luar negeri. Semoga tim kami siap untuk laga pertama," kata dia.

Sementara itu, Dikri Yusron Afafa, salah seorang pemain Persik Kediri mengatakan ia dengan teman-temanya memang bisa lebih fokus untuk berlatih persiapan liga 1.

"Piala Presiden tidak ada lagi, sekarang masuk ke liga, jadi benar-benar totalitas persiapan di liga. Untuk liga lebih maksimal karena fokusnya cuma satu," kata kiper Persik Kediri ini.

Ia pun mengatakan, teman-temanya juga mudah beradaptasi dengan pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide sehingga sudah saling terhubung saat ini.

Baca juga: M Khanafi sebut pelatih baru Persik sangat disiplin

"Kalau pemain kebanyakan yang kemarin. Pelatih bagus, buat teman-teman juga pelatih lebih mau adaptasi, jadi lebih cepat tersambung," kata dia.

Sebagai pemain sepak bola yang sudah lama bergabung di Persik, ia pun juga mencontohkan kebiasaan yang baik untuk teman-temannya, misalnya datang latihan lebih awal.

Ia pun berharap, ke depan tim semakin kompak sehingga bisa meraih hasil optimal dalam pertandingan nantinya.

Pemain Persik Kediri melakoni latihan pagi dan sore guna menyiapkan fisik dan strategi menjelang kompetisi Liga 1 Indonesia yang segera bergulir pada 2023 ini.

Selain itu, pelatih juga mengadakan tes fisik, untuk mengetahui kondisi fisik para pemain. Di tahap awal, pelatih melakukan tes kelincahan dan ketangkasan (agilty) serta ketahanan (endurance). Hasilnya, diketahui hasil memang belum terlalu bagus, sebab para pemain baru memulai persiapan setelah libur.

Pelatih fisik Persik Kediri Vitor Tinoco mengatakan pihaknya juga mengadakan fitnes tes yang nantinya akan dievaluasi sehingga dari pelatih bisa membuat rencana latihan guna memperbaiki kondisi fisik para pemain.

Baca juga: Persik fokus perbaiki fisik pemain
Baca juga: Tantangan baru jadi salah satu alasan Pedro Paulo gabung ke Persik
Baca juga: Persik terapkan gaya latihan baru

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023