Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI) Dito Ariotedjo menemani mantan bintang tim nasional Brazil Ricardo Izecson dos Santos Leite atau yang akrab disapa Kaka, yang sedang mengadakan kunjungan ke Jakarta sebagai global brand ambassador produsen ponsel Oppo.
 
Dalam kesempatan itu, Kaka dua kali menghadiri acara yang diadakan pihak pengundang di Plaza Indonesia, Jakarta, yakni makan siang dan makan malam pada Sabtu. Setelah pada sesi siang, acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pemain Persija Jakarta, maka pada sesi malam hari Menpora Dito berkesempatan mendampingi Kaka.
 
Selain Menpora Dito, terdapat pula sejumlah pesohor Tanah Air yang mengikuti acara makan malam tersebut, seperti Gading Marten dan pelawak tunggal Marshel Widianto.
 
"Selamat datang, Kaka. Indonesia merasa terhormat didatangi salah satu pemain terbaik di dunia," kata Menpora Dito saat memberi sambutan.
 
"Terima kasih Oppo Indonesia. Dengan kehadiran Kaka, kembali menggelorakan ekosistem olahraga Indonesia," tambahnya.
 
Selain itu, Dito juga meminta produsen ponsel Oppo juga membantu mensponsori cabang-cabang olahraga lain selain sepak bola, yang disambut dengan acungan ibu jari oleh Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen.
 
"Terima kasih Indonesia atas sambutan hebat ini. Sore yang sangat indah," kata Kaka dalam bahasa Inggris yang cukup fasih.
 
Selama menjalani karier sepak bola profesional, Kaka tercatat hanya pernah bermain untuk empat klub, yakni Sao Paulo, AC Milan, Real Madrid, dan Orlando City.
 
Masa keemasan Kaka adalah pada periode pertamanya berseragam Milan, yakni pada 2009 sampai 2009. Bersama Rossoneri, ia sukses membawa klub itu memenangi gelar Liga Italia, Piala Super Italia, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia antar Klub.
 
Nama Kaka juga harum di timnas Brazil, yang ia bantu untuk menjuarai Piala Dunia 2002 serta Piala Konfederasi 2005 dan 2009.
 
Belakangan ini, Indonesia kerap didatangi oleh para mantan bintang sepak bola. Sebelum Kaka, beberapa hari silam Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mendatangkan lima mantan bintang di Eropa, yakni Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, Marco Materazzi, Eric Abidal, dan Giorgos Karagounis untuk mengisi acara pelatihan di Jakarta.
 
Pada Juni ini pula, timnas Indonesia berkesempatan menjajal tim juara Piala Dunia 2022 Argentina, pada FIFA match day yang akan berlangsung pada pertengahan bulan.

Baca juga: Kaka bangga cetak 100 gol untuk Milan
Baca juga: Testimoni Kaka

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023