Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini, jamaah Indonesia mulai bergerak dari Kota Madinah menuju ke Makkah di Arab Saudi dan panitia penyelenggara ibadah haji telah menyiapkan fasilitas dan petugas untuk melayani jamaah di Kota Mekkah.

Selain itu, ada warta mengenai kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Selatan, penyelamatan orang utan, dan penanaman bambu untuk rehabilitasi hutan dan lahan kritis yang dapat disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Jamaah Indonesia selesaikan Arbain sebelum menuju Makkah

Jamaah Indonesia yang sudah berada di Kota Madinah, Arab Saudi, menyelesaikan ibadah arbain atau shalat fardu 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi sebelum menuju ke Kota Mekkah, tempat pelaksanaan ibadah haji.

450 bus Shalawat disiapkan layani jemaah di Makkah

Sebanyak 450 bus Shalawat dan 230 petugas disiapkan untuk melayani jamaah Indonesia selama beribadah di Kota Makkah, Arab Saudi. Bus-bus itu dioperasikan begitu jamaah Indonesia tiba di Makkah dari Kota Madinah.

42 hektare lahan terbakar di Kalimantan Selatan

Pelaksana Harian Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Bambang Dedi Mulyadi melaporkan bahwa total 42 hektare lahan di wilayahnya terbakar. Namun, kebakaran lahan itu masih bisa diatasi.

BKSDA evakuasi orang utan yang kena jerat di Aceh Selatan

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi satu orang utan sumatera yang terluka karena kena jerat di kebun warga di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Tim dari Resor Wilayah 16 Tapaktuan Seksi Konservasi Wilayah II mengevakuasi satwa dilindungi tersebut pada Kamis (1/6).

KEHATI: Restorasi bambu solusi rehabilitasi hutan & lahan kritis

Yayasan KEHATI menyampaikan bahwa bambu bisa menjadi solusi dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan kritis. Oleh karena itu, yayasan melaksanakan kegiatan pelatihan budi daya hingga penanaman bibit bambu untuk mendukung rehabilitasi hutan dan lahan kritis.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023