jemaah calon haji kloter utuh akan dilepas oleh Wali Kota Mataram
Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengatakan, jemaah calon haji asal Kota Mataram yang masuk kelompok terbang (kloter) 4 atau kloter utuh sebanyak 393 orang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada 11 Juni 2023.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Kasmi, Senin, sebelum diberangkatkan tanggal 11 Juni 2023, jemaah akan masuk asrama pada tanggal 10 Juni 2023.

"Sabtu (10/6), jemaah calon haji kloter utuh akan dilepas oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta jajarannya di Halaman Kantor Wali Kota Mataram," katanya.

Dikatakan, kegiatan pelepasan jemaah calon haji ini merupakan tradisi di Pemerintah Kota Mataram, dalam mengantarkan tamu-tamu Allah masuk ke Asrama Haji Embarkasi Lombok, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Pelepasan jemaah calon haji ini sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram, sebagai bentuk perhatian kepada para tamu-tamu Allah SWT," katanya.

Baca juga: Kemenag: Mataram dapat tambahan kuota haji 77 orang
Baca juga: Calon haji dari Mataram sudah divaksin meningitis dan influenza


Kasmi menambahkan, semua jemaah akan berada selama satu kali 24 jam di asrama haji untuk melakukan perbagai persiapan dan pengecekan administrasi dan kesehatan serta dokumen-dokumen lainnya.

Lebih jauh Kasmi mengatakan, sebanyak 622 calon haji Kota Mataram terbagi dalam tiga kloter,terdiri atas satu kloter utuh yakni kloter 4 dan dua kloter campuran yakni kloter 10 dan 11 Embarkasi Lombok.

Untuk dua kloter campuran itu, lanjutnya, pihaknya sedang menunggu kepastian terkait jemaah dari kabupaten/kota mana yang akan bergabung dengan jemaah Kota Mataram.

Dikatakan, untuk jumlah calon haji yang masuk kloter 4 atau utuh tercatat sebanyak 393 orang dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal 10 Juni 2023.

Selanjutnya, kloter 10 sebanyak 80 orang masuk asrama haji pada tanggal 17 Juni 2023, dan sisanya 149 orang masuk kloter 11 sebanyak 149 orang akan masuk asrama pada tanggal 18 Juni 2023.

"Jemaah diberangkatkan ke Tanah Suci setelah satu kali 24 jam di Asrama Haji. Jadi untuk kloter 4 diberangkatkan ke Tanah Suci tanggal 11 Juni, kloter 10 diterbangkan tanggal 17 Juni dan kloter 11 berangkat tanggal 18 Juni 2023," katanya.

Sedangkan calon haji yang masuk kuota tambahan sebanyak 77 orang, tambahnya, belum masuk dalam tiga kloter tersebut.

Baca juga: Embarkasi Batam sudah berangkatkan 16 kloter jamaah haji ke Madinah
Baca juga: Ratusan koper JCH Lombok Tengah mulai dikirim ke Asrama Haji
Baca juga: Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan terpisah

Pewarta: Nirkomala
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023