Jamaah kloter terakhir ini berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.
Makassar (ANTARA) - Manajemen Bandara Internasional Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah haji 2023 Embarkasi Makasssar.

"Sebanyak 386 jamaah haji asal Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sudah tiba Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 1241 tipe Boeing 777-300ER," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan kloter terakhir ini terbang dari Madinah ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Jamaah kloter terakhir ini berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Ia menjelskan pelaksanaan Haji 2023 dimulai sejak 24 Mei - 3 Agustus 2023. Tercatat data keseluruhan jumlah jamaah haji pada Embarkasi Haji tahun 2023 sebanyak 16.653 jamaah.

Sementara jumlah jamaah haji pada Debarkasi haji sebanyak 16.596 jamaah haji.

Ia menambahkan kesuksesan penyelenggaraan terjadi karena koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Lanud Hasanuddin, Kantor Otoritas Wilayah V Makassar, Perum LPPNPI Cabang Makassar, Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Beacukai, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Pertamina dan Perum Damri.

Jamaah haji yang tiba, kata Wahyudi, langsung dibawa menuju ke Asrama Haji dengan Bus Damri untuk kemudian melakukan pemerikasan dan pengambilan koper sebelum menuju kembali ke daerah masing - masing.

Sementara itu, salah seorang jamaah haji asal Sulsel H Bahria mengatakan, sangat bersyukur tiba di tanah air dengan kondisi sehat walafiat dan mendapat pelayanan yang baik dari pihak bandara maupun asrama haji.

"Baik pelayanan sepanjang perjalan di pesawat maupun setiba di bandara ini, semuanya sangat mendukung dan memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Baca juga: Jumlah haji asal Embarkasi Makassar yang wafat bertambah menjadi 47

Baca juga: Bea Cukai Makassar ungkap emas yang dibawa jemaah haji adalah imitasi

Baca juga: Masa tunggu berhaji di Sulsel 34 tahun, capai 240 ribu orang


Baca juga: 388 calon haji Sulbar berangkat ke Tanah Suci
Suasana menjelang penerimaan jamaah haji kloter terakhir Embarkasi Makassar di kawasan bandara, Makasar, Sulsel, Kamis (3/8/2023). FOTO ANTARA/HO-AP I

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023