Melihat kondisi yang ada saat ini diharapkan ada tambahan kuota tahun depan untuk masyarakat Sulsel berhaji,
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel)  Andi Sudirman mengemukakan bahwa daftar tunggu berhaji di provinsi itu mencapai sebanyak 240.000 orang dengan masa tunggu rata-rata 34 tahun.

"Melihat kondisi yang ada saat ini diharapkan ada tambahan kuota tahun depan untuk masyarakat Sulsel berhaji," katanya di Makassar, Selasa.

Optimisme penambahan kuota haji untuk Sulsel, kata dia, cukup besar, mengingat tingginya animo masyarakat di daerah ini untuk berhaji.

Ia mengatakan sebagai gambaran pada musim haji 2023 adanya penambahan kuota dari Arab Saudi, embarkasi/debarkasi mendapat tambahan 4 kloter sehingga total kloter menjadi 44.

Dari jumlah tambahan 4 kloter tersebut, 3 di antaranya diterbangkan dari embarkasi Makassar dan selebihnya diikutkan ke embarkasi Balikpapan.

Menyikapi banyaknya daftar tunggu tersebut, Andi Sudirman Sulaiman berharap agar mendapat penambahan kuota haji untuk Sulsel.

Pelaksana harian Kanwil Kemenag Sulsel H Ali Yafid mengatakan, jumlah jamaah haji Sulsel yang diberangkatkan pada musim Haji ini 16.888 orang jamaah.

"Dari jumlah jamaah tersebut 30 persen di antaranya adalah jamaah berusia lanjut atau lansia," katanya.

Baca juga: Daftar tunggu haji di Sulawesi Selatan capai 238.960 jamaah

Baca juga: Wamenag: Daftar tunggu haji paling lama ada di Sulsel

Baca juga: Kemenag sebut estimasi daftar tunggu haji Luwu Timur-Sulsel 30 tahun

Baca juga: Sulsel peringkat satu daftar tunggu haji di Indonesia


 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023