Beijing (ANTARA) - Sebuah batch dari percobaan ilmiah terbaru berhasil dibawa kembali ke Bumi oleh kapsul pembawa pulang wahana antariksa berawak Shenzhou-15 China dari stasiun luar angkasa Tiangong di China, lapor Science and Technology Daily pada Senin (5/6).

Sampel itu sudah diserahkan kepada para ilmuwan pada sistem aplikasi luar angkasa untuk diteliti dan dipelajari lebih dalam lagi.

Menurut laporan Science and Technology Daily, sistem aplikasi luar angkasa, bersama dengan kapsul pembawa pulang wahana antariksa berawak Shenzhou-15, mengirimkan kembali sampel-sampel eksperimental itu dari total 15 proyek ilmiah.

Sampel seberat lebih dari 20 kilogram itu akan digunakan dalam eksperimen kehidupan dan eksperimen material.

Para ilmuwan akan melakukan analisis biologi molekuler, biologi sel, pertumbuhan dalam orbit, dan  metabolisme pada sampel-sampel itu dalam eksperimen kehidupan.

Sampel-sampel untuk bahan percobaan itu juga akan diuji dan dianalisis di laboratorium guna meneliti sifat fisik dan perubahan kimiawi pada material-material sampel yang sulit diketahui dalam pengaruh gravitasi Bumi.

Kapsul Shenzhou-15 mendarat di tempat pendaratan Dongfeng di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, Minggu pukul 06.33 Waktu Beijing ( 05.33 WIB).

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023