Jakarta (ANTARA) - Pemerintah pada Senin (5/6) menyampaikan upaya pemantauan kesehatan jamaah haji dan memaparkan kebijakan untuk secara bertahap mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Selain itu, ada warta mengenai penggantian arca yang hilang dan dampak perubahan iklim yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Pemerintah pantau kesehatan jamaah haji

Kementerian Kesehatan memantau kondisi kesehatan seluruh jamaah haji Indonesia dan mengupayakan seluruh jamaah mendapat pelayanan kesehatan yang diperlukan.

26.192 calon haji rawat jalan di Arab Saudi

Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 26.192 calon haji asal Indonesia menjalani perawatan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Arab Saudi.

Pemerintah atur pengurangan penggunaan plastik sekali pakai

Pemerintah Indonesia melakukan pengaturan untuk secara bertahap mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan target pada akhir 2029 plastik sekali pakai sudah tidak digunakan.

Arca Ganesha yang hilang di Gunung Bromo diganti

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengganti arca Ganesha di bibir kawah Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo yang dilaporkan hilang pada 17 Mei 2023.

Perubahan iklim memicu peningkatan kejadian bencana

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto mengemukakan bahwa perubahan iklim berpotensi memicu peningkatan kejadian bencana. "Perubahan iklim terbukti meningkatkan frekuensi kejadian bencana dengan sangat drastis dan lebih ekstrem," katanya.
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023