Kami terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak....
Jakarta (ANTARA) - Citicon Indonesia, produsen bahan bangunan dengan produk unggulan bata ringan, meresmikan pabrik plant ke-5 yang dikelola oleh PT Nusantara Building Industries, di Semarang, Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Nusantara Building Industries Budi Susanto mengatakan peresmian pabrik plant ke-5 yang dilaksanakan pada Senin (5/6) tersebut, tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder, pekerja, dan masyarakat yang terlibat.

"Kami terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak, baik dari instansi pemerintah, lini pendidikan, hingga masyarakat umum. Sebab, kami percaya, kerja sama yang baik antarpihak bakal membuat semua elemen maju," ujar Budi dikutip dari keterangan resmi, Selasa.

Adapun sebelumnya Citicon Indonesia memiliki 4 pabrik, yakni dua pabrik di Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur, dan satu pabrik di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dikelola oleh PT Sinar Nusantara Industries.

Citicon Indonesia juga memiliki satu pabrik di Demak, Jawa Tengah yang dikelola oleh PT Nusantara Building Industries, yang kini ditambah dengan pabrik ke-5.

Setelah lepas dari masa pandemi, pelaku usaha sektor konstruksi mengejar berbagai ketertinggalan dengan melakukan pembangunan berskala besar maupun kecil, seperti pembangunan perumahan.

"Kondisi ini menciptakan peluang untuk pengadaan material bangunan, khususnya Bata Ringan Citicon, Panel Lantai Citicon, dan Panel Sandwich Citicon, yang saat ini sangat diminati masyarakat karena berbagai keunggulannya sesuai dengan kebutuhan pembangunan kekinian," kata Budi.

Citicon juga berkomitmen untuk turut mempercepat pembangunan nasional melalui kampanye produk "Light-weight Construction Material” atau Material untuk Konstruksi Ringan yang selain mendukung sistem bangunan tahan gempa, juga terbukti lebih efisien daripada sistem konstruksi konvensional.

Ia menyebut Produk Bata Ringan Citicon dan Panel Lantai Citicon sudah lulus uji kekuatan karena tahan terhadap tekanan, uji tahan api, hingga uji bahan beracun.

"Untuk diketahui, laboratorium internal Citicon selama 2 tahun berturut-turut telah mendapat predikat 'dapat diterima' pada uji banding antarlaboratorium bidang pengujian kuat tekan bata ringan yang diselenggarakan oleh Balai Bahan dan Struktur Bangunan Gedung Kementerian PUPR," katanya.

Peresmian pabrik tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah Sakina Rosella Sari, yang mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus membuka pintu lebar untuk para investor.

"Kami berharap, adanya pembangunan plant baru ini mampu membantu dan turut membangun negara dengan menyajikan produk berkualitas yang menjangkau harga pasar," ujar Sakina.

Sakina mengingatkan agar pelaku usaha tak cepat berpuas diri, sehingga harus terus melakukan inovasi.

"Masih banyak pekerjaan rumah dalam rangka turut mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi pengangguran," ujarnya lagi.
Baca juga: Poliban dapat atensi dua perusahaan untuk pengembangan SDM

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023