Acara pak wali ke Korea sebetulnya karena ada launching (peluncuran) mobil listrik. Mungkin (sekaligus) menjajaki bagaimana bisa kerja sama dan sebagainya
Solo (ANTARA) -
Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melawat ke Korea Selatan untuk menjajaki kerja sama dengan investor di negara tersebut.
 
"Acara pak wali ke Korea sebetulnya karena ada launching (peluncuran) mobil listrik. Mungkin (sekaligus) menjajaki bagaimana bisa kerja sama dan sebagainya," katanya di Solo, Selasa.
 
Meski demikian, ia belum dapat menjelaskan lebih detail terkait dengan kerja sama tersebut.
 
Selain menghadiri peluncuran mobil listrik produksi Hyundai, dikatakannya, Gibran yang berangkat dengan Ketua TP PKK Kota Surakarta Selvi Ananda juga dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah tempat.
 
"Kalau acaranya ada beberapa perusahaan yang didatangi," katanya.
 
Menurut dia, tidak menutup kemungkinan kunjungan tersebut sekaligus menarik investor agar tertarik menjajaki peluang kerja sama dengan Solo secara umum, seperti yang sudah dilakukannya dengan pemerintah Uni Emirat Arab.
 
Dari hasil kunjungannya ke UEA beberapa waktu lalu, Gibran berhasil memperoleh dana hibah dari pemerintah setempat sebesar 15 juta dolar AS atau setara dengan Rp223 miliar.
 
Dana hibah tersebut rencananya akan digunakan untuk menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur di Kota Solo.
 
"Latar belakang pak wali kan ya bisnis. Artinya, bisa saja itu akan dikembangkan untuk Solo ke depan. Saya kira ini hal yang positif," katanya.
 
Sementara itu, Gibran yang berangkat ke Korea Selatan pada akhir minggu lalu dijadwalkan kembali ke Solo pada Kamis (8/6).

Baca juga: Proyek Museum Budaya Sains dan Teknologi di Solo segera dikerjakan

Baca juga: Gibran pastikan Viaduk Gilingan selesai pertengahan Juni

Baca juga: Menteri PUPR tinjau proyek revitalisasi Taman Balekambang Solo

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023