Surabaya (ANTARA) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka pendaftaran melalui tiga jalur seleksi Mandiri pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024.

"Pada jalur seleksi Mandiri yang diadakan ITS ini terdapat tiga jenis, yakni kemitraan, umum, dan prestasi untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4)," kata Kepala Subdirektorat Admisi ITS, Unggul Wasiwitono saat sosialisasi via daring di Surabaya, Selasa.

Unggul mengatakan bahwa seleksi mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS, dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan.

Baca juga: ITS sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur SNBT 2023

Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan ITS, selain melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Dijelaskan Unggul, bagi pendaftar seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS.

"Sedangkan bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik," katanya.

Untuk TKA, lanjut Unggul, terdiri atas Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit. Untuk pelaksanaannya akan dilakukan secara daring.

"Oleh karena itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps," kata dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Saat ini pendaftaran seleksi Mandiri berlaku untuk delapan fakultas yang ada di ITS, yakni Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD/SCIENTICS), Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS/INDYSIS), Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK/CIVPLAN), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK/MARTECH).

Kemudian, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC/ELECTICS), Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD/CREABIZ), Fakultas Vokasi (FV/VOCATION), serta Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK/MEDICS).

Pada delapan fakultas tersebut, terdapat 41 departemen yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023.

"Sebelum mendaftar jalur seleksi Mandiri ini, para pendaftar juga diwajibkan untuk membuat akun MyITS Admission terlebih dahulu," tutur Unggul.

Baca juga: ITS siap tampung 1.644 mahasiswa baru jalur SBMPTN

Baca juga: Risma bagi pengalaman selama kuliah di ITS kepada ribuan mahasiswa


Untuk cara membuat akun MyITS Admission, kata Unggul, pertama para pendaftar diminta untuk membuka laman https://admission.its.ac.id/, kemudian melakukan registrasi dengan memasukkan data diri.

Selanjutnya, para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan, salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti.

Ia menyebutkan bahwa saat ini sudah dibuka seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum, yakni pada tanggal 5 - 25 Juni 2023. Sedangkan TKA akan dilaksanakan pada 1 - 2 Juli 2023, dan akan diumumkan hasilnya pada 6 Juli 2023.

"Namun, tidak menutup kemungkinan pelaksanaan TKA akan diperpanjang jika terdapat kuota berlebih," kata Unggul.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023