Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajak perguruan tinggi yang ada di daerahnya untuk ikut serta dalam pengembangan teknologi tepat guna di desa.

"Tahun ini Lampung menjadi tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, dan dari kegiatan ini akan banyak inovasi yang terbentuk," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dengan banyaknya inovasi teknologi tepat guna yang akan dihasilkan dari desa dengan adanya gelaran tersebut, pihaknya mengajak perguruan tinggi yang ada di daerah untuk ikut serta dam pengembangan inovasi.

"Perguruan tinggi harus ikut serta dalam pengembangan teknologi tepat guna di desa, untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa," ucapnya.

Dia menjelaskan dengan ikut sertanya perguruan tinggi dalam pengembangan teknologi di desa, maka akan mempercepat alih teknologi dari penemu kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di desa.

"Teknologi tepat guna ini mendorong pemberdayaan desa di Lampung secara luas. Meski begitu masih tetap membutuhkan institusi pendidikan untuk menyempurnakannya, nanti juga akan menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi di desa agar semakin baik," katanya.

Ia melanjutkan inovasi menjadi salah satu aspek penting, sehingga akan semakin banyak menciptakan inovator baru terlebih lagi perkembangan digital serta teknologi semakin canggih.

"Jadi hasil dari inovasi itu selain digunakan oleh masyarakat desa untuk mengembangkan kegiatan ekonomi berbasis potensi daerah. Melalui ajang ini diharapkan juga dapat terjadi pertukaran ilmu dan informasi terkait teknologi dan inovasi antar daerah dan provinsi," tambahnya.

Baca juga: Kemendes PDTT siap kawal inovator desa peroleh HaKI
Baca juga: Kemendes PDTT: Kejar kemajuan negara maju lewat konsep Habibienomic
Baca juga: Mendes PDTT optimistis tidak ada lagi desa tertinggal di Lampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023