Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan ada peluang kerja sama saat bertemu dengan Utusan Dagang Perdana Menteri Inggris Richard Graham di Surabaya.

"Jatim merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia, yakni 40,6 juta berdasarkan sensus penduduk 2020. Di sektor perdagangan, Jatim memiliki resonansi yang kuat terhadap 20 provinsi, terutama di Indonesia Timur," kata Gubernur Khofifah melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Mantan Menteri Sosial itu telah berdiskusi dengan Richard Graham dalam jamuan makan malam di Surabaya pada 6 Juni 2023.

Pada kesempatan itu, Khofifah menjelaskan posisi Jatim terhadap provinsi lain kian strategis didukung keberadaan jalur tol laut. Dari 32 jalur tol laut di Indonesia, 27 di antaranya dari Surabaya. Sehingga, transportasi logistik laut khususnya ke Indonesia Timur menjadi lebih efektif dan lebih murah.

Baca juga: Dubes Inggris saksikan penandatanganan kerja sama di Grahadi

Baca juga: Gubernur Jatim lepas ekspor 19,2 ton kopi ke Inggris


"Jatim juga menjadi satu-satunya provinsi yang diberikan wewenang untuk mengelola pelabuhan dan bandara, yaitu bandara di Malang dan pelabuhan di Probolinggo. Jadi keputusan Mr Richard untuk datang ke sini dan bertemu kami sudah sangat tepat," ujarnya.

Sedangkan, dalam hal pendidikan dan kesehatan, Khofifah mengungkapkan Jatim telah menjadi referensi bagi sebagian besar Indonesia Timur.

"Ini tentu saja dapat diperluas dengan sinergi UK-Jatim dalam pendidikan. Terlebih, setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim dapat meyakinkan 45 universitas di Inggris Raya untuk tertarik kepada Indonesia pada kunjungan terakhirnya ke Inggris," ucapnya.

Khofifah menyatakan di sektor kesehatan, Jatim termasuk paling unggul di Indonesia. Salah satunya karena diberi wewenang oleh Kementerian Kesehatan untuk melayani masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

"Pemprov Jatim punya 14 rumah sakit. Salah satunya RSUD dr Soetomo berdasarkan jumlah tempat tidur adalah yang paling banyak di Indonesia. Maka jika ada penguatan dari UK, ini akan sangat luar biasa," katanya.

Menanggapi penjelasan tersebut, Richard Graham menyatakan sangat mengharapkan kerja sama kuat dengan Jatim di bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, energi baru terbarukan dan sektor industri perdagangan.

"Kami menginginkan hubungan yang semakin mendalam. Serta program perencanaan kemitraan transisi energi dan pembiayaan khusus untuk pembangunan proyek energi terbarukan. Termasuk dengan PLN untuk tenaga surya," ujarnya.*

Baca juga: Khofifah harapkan Inggris investasi MRT dan LRT di Jatim

Baca juga: Dubes Inggris Moazzam Malik berpamitan di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023