PLN akan memastikan suplai listrik ke titik-titik lokasi penyelenggaraan Penas Tani tercukupi
Padang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan sejumlah langkah strategis guna mengamankan pasokan listrik saat penyelenggaraan Pekan Nasional Petani dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) XVI di Kota Padang 10 hingga 15 Juni 2023.

"PLN akan memastikan suplai listrik ke titik-titik lokasi penyelenggaraan Penas Tani tercukupi," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Rabu.

Eric mengatakan saat ini semua operasional sistem sudah berjalan 100 persen. Sebagai contoh pembangkit listrik sudah beroperasi dengan baik. Tidak hanya itu, untuk Provinsi Sumbar pasokan listrik juga dalam keadaan surplus, aman, dan andal.

"Operasi sistem dan pasokan listrik dari pembangkit, transmisi hingga distribusi sudah diamankan secara berlapis," kata dia.

Saat ini, pembangkit listrik yang ada di Sumbar berkapasitas 1.362 Megawatt (Mw) dengan beban puncak tertinggi mencapai 579,6 Mw. Selain itu, masih terdapat cadangan daya yang cukup besar untuk menyuplai agenda nasional tersebut.

Untuk menyukseskan Penas Tani, PLN telah berinvestasi hingga Rp900 juta. Langkah itu guna mengamankan seluruh lokasi pelaksanaan kegiatan, terminal Bandara Internasional Minangkabau, lokasi penginapan para tamu dan kontingen, hingga lokasi strategis yang memungkinkan dikunjungi.

PLN juga menyiapkan aliran listrik di 15 lokasi prioritas khususnya di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir sebagai lokasi utama penyelenggaraan acara. Di titik pameran PLN akan menyuplai daya ekstra sebesar 2,1 Mw.

Kemudian, di lokasi panggung utama PLN menyuplai daya sebesar 210 kilo volt ampere (kva) dan 66 kVa. Selanjutnya lokasi gelar teknologi sebesar 275 kva dan 211 kva. Tidak hanya itu, PLN juga akan menyuplai listrik andal tanpa kedip bagi 1.480 rumah warga yang dijadikan tempat pemondokan para kontingen Penas Tani XVI.

"Kami juga dalam proses relokasi beberapa tambahan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 250 kva. 10 UGB lainnya sudah terpasang di lokasi-lokasi prioritas pengamanan listrik," ucap dia.

Baca juga: Penas Tani Nelayan XVI ajang petani milenial tingkatkan wawasan
Baca juga: Mentan: Peningkatan pasokan beras tiga tahun terakhir cukup bagus

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023