Jakarta (ANTARA) - Turnamen TipTip Dash Tennis mengusung pesan inklusi pada acara yang akan digelar pada 17-18 Juni dengan turut menggandeng masyarakat umum dari berbagai kalangan.

Founder dan CEO Dash Sports Alit Aryaguna, dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, mengatakan hal itu senada dengan komitmen mereka untuk mengusung semangat olahraga dan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia termasuk komunitas dan klub olahraga.

"Sebagai bentuk dukungan Dash Sports dalam mengusung semangat olahraga untuk semua kalangan, termasuk masyarakat difabel, maka dalam kesempatan istimewa ini, juga digelar  pertandingan eksibisi wheelchair tennis atau tenis kursi roda yang mempertemukan atlet-atlet difabel PP PELTI," kata Alit.

Kepala Bidang Olahraga Penyandang Disabilitas PP PELTI Ismun Dwi Karyatiningsih mengatakan adanya pertandingan eksibisi tenis kursi roda atau wheelchair tennis diharapkan akan menjadi awal sinergi pengembangan yang menjanjikan.

"Insha Allah tahun ini PP PELTI akan menyelenggarakan pelatihan pelatih wheelchair tennis dengan menghadirkan narasumber dari ITF," kata Ismun.

Lebih lanjut, Ismun menjelaskan saat ini PELTI terus mengupayakan koordinasi dengan NPC pusat dan daerah, mendata atlet difabel daerah, serta mendukung program pemerintah agar di setiap PON ada kompetisi wheelchair tennis.

Ia juga mengatakan pihaknya berupaya untuk mengirimkan atlet ke kompetisi internasional sesuai dengan ketentuan dan kalender ITF.

Baca juga: Para-tenis meja proyeksikan 19 atlet ke Asian Para Games 2023 Hangzhou

Ajang turnamen tenis amatir itu mempertandingkan tiga kategori dan diramaikan oleh keikutsertaan 96 tim yang berasal dari sejumlah komunitas dan klub olahraga dari kawasan Jabodetabek.

"Dash Tennis Tournament mengkompetisikan tiga kategori yaitu Men's Double (Mix Beginner x Intermediate), Women's Double Intermediate dan Women's Beginner. Masing-masing kategori akan mempertandingkan 32 tim, total 96 tim yang bertanding ditambah pertandingan eksibisi tenis kursi roda," kata Event Director Dash Tennis Tournament Ardi Rahadi.

Ia melanjutkan, turnamen mempertandingkan babak kualifikasi dengan aturan 1 set of 8 games, 8-8 tie break dan 2 deuces (third deuce sudden death) dan babak final dengan aturan best of three sets dari 6 games, 6-6 tiebreak dan third set super tiebreak.

Sementara itu, Turnamen TipTip Dash Tennis diselenggarakan di Lapangan Tenis Bulungan Jakarta Selatan, dan menawarkan total hadiah sebesar Rp125 juta.

Masyarakat dapat hadir dan menyaksikan langsung pertandingan secara gratis. Adapun pertandingan-pertandingan di turnamen itu berlangsung mulai jam 09.00 hingga 22.00 WIB.

Baca juga: Raffi Ahmad tantang Desta di "Lagi-Lagi Tenis"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023